Beranda » Media Kampus » Masa Prodi Mahasiswa, UPA perkenalkan Revolusi Digital 4.0
Masa Prodi Mahasiswa, UPA perkenalkan Revolusi Digital 4.0
Media Kampus

Masa Prodi Mahasiswa, UPA perkenalkan Revolusi Digital 4.0

MAKASSAR – Sebuah inovasi mengikuti tren zaman bagi akademika di Sulsel dinilai sangat perlu, termasuk mengenalkan penerus bangsa tentang pentingnya terlibat langsung pada era revolusi dimana teknologi menjadi yang terdepan. Hal itu guna menghadirkan lulusan pelajar yang langsung siap terjun ke dunia kerja tanpa harus tertinggal.

Hal ini pun yang digalakkan oleh Universitas Patria Artha (UPA) Makassar. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ilham mengatakan pengenalan era baru yang dikenal revolusi digital 4.0 kepada mahasiswa baru itu sudah dilaksanakan.

Ilham mengatakan, pihak kampus memperkenalkan hal itu pada saat Masa Orientasi dan Pengenalan Program Studi (Prodi).kegiatan itu dibuka Rektor Universitas Patria Artha, Bastian Lubis yang digelar selama tiga hari, 17-19 September 2019 di kampus tersebut.

“Kita sudah berikan berbagai materi serta kegiatan, kepada para mahasiswa baru selama orientasi. Termasuk melibatkan unit kegiatan mahasiswa,” ujar Ilham, Jumat (20/9/2019).

Selain itu lanjut Ilham, orientasi yang dilakukan tidak ke aktifitas bersifat fisik, apalagi perploncoan, melainkan lebih pada pemahaman terhadap dunia kampus dan pembentukan karakter yang baik.

Diantaranya terkait pengenalan dunia kampus, pengenalan yayasan dan struktur organisasi Patria Artha, hingga penyajian materi terkait bela negara.
Juga terkait pengenalan akademik yang dibawakan Wakil Rektor I Bidang Akademik Suhendra S.

“khusus untuk bela negara, selain menanamkan rasa cinta tanah air, mahasiswa baru juga diajarkan latihan baris berbaris. Supaya mereka termotivasi untuk punya sikap dan karakter yang kuat. Pematerinya berasal dari institusi TNI angkatan darat dan angkatan udara,” ungkap lelaki yang akrab disapa Ilo tersebut.

Khusus menghadapi revolusi industri 4.0, menurut Direktur Assesment Centre yang juga Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Keuangan Universitas Patria Artha, Indri Septiani menjelaskan, sangat penting untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa yang notabene kaum milenial terkait revolusi industri 4.0.

“Mereka harus kompeten di era 4.0. Bagaimana di era yang banyak menggunakan tenaga mesin, termasuk mengandalkan teknologi digital, mereka bisa tetap andal dan bida bersaing. Selain itu, bagaimana sikap dan integritas mereka,” kata Indri.

Mahasiswa baru juga diberi informasi jika mereka tidak salah dalam memilih Universitas Patria Artha sebagai tempat menimba ilmu. Karena selain memperoleh ijazah, mereka juga akan melakukan sertifikasi terhadap mahasiswa berdasarkan program studi masing-masing.

“Kami juga memberi informasi jika di Patria Artha itu, juga ada kompetensi pendukung ijazah,” pungkasnya.

Selain diberikan materi bagaimana menghadapi dan ambil bagian dalam revolusi industri 4.0 mahasiswa juga dikenalkan dengan Pusat Kajian Anti Korupsi (PUKAT) yang didirikan Universitas Patria Artha untuk mengkaji dan mendalami pencegahan serta pemberantasan korupsi. (*)