Menhub Budi Karya Sumadi Apresiasi dan Dukung Upaya Pemprov Ambil Alih Bandara Sorowako

Menhub Budi Karya Sumadi Apresiasi dan Dukung Upaya Pemprov Ambil Alih Bandara Sorowako
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan terkait progres penyerahan Bandara Soroako di Luwu Timur kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan Jumat - Sabtu (27-28/5). Menhub menyatakan dukungannya untuk pengoperasian lebih lanjut.

MAKASSAR—Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan terkait progres penyerahan Bandara Sorowako di Luwu Timur kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan Jumat – Sabtu (27-28/5). Menhub menyatakan dukungannya untuk pengoperasian lebih lanjut.

Andi Sudirman menyampaikan Bandara yang berlokasi di Desa Sorowako dan Kecamatan Nuha, Lutim ini kini secara resmi menjadi aset milik Pemprov Sulsel. Hal ini ditandai dengan penandatanganan serah terima dari PT Vale ke Pemprov pada dua pekan lalu.

“Terima kasih Pak Menhub selalu memonitor untuk percepatan kereta api dan kebandaraan kita,” Kata Andi Sudirman pada Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Rumah Jabatan.

“Secara hormat kami sampaikan, sesuai dengan instruksi dan support Bapak Menteri kami dapat Bandara Sorowako, kita baru saja melakukan penandatangan penyerahan kemudian tentu butuh arahan lebih lanjut Bapak Menteri,” sebutnya.

Menteri Perhubungan mengapresiasi dan memberikan dukungan langkah yang dilakukan oleh Gubernur Sulsel.

“Pak Gubernur menyampaikan ada Bandara di Luwu (Timur) sekarang (runway) 1.400 meter kita akan pelajari. Secara teknis tentu sebagai menteri, sebagai pembantu presiden yang ditugaskan membantu menyelesaikan kekurangan yang terjadi di daerah,” sebutnya.

Berita Lainnya

PT Vale sendiri menyerahkan lahan seluas 25,4 hektar, barang-barang bergerak berupa sarana dan prasarana yang mendukung pengoperasian bandara serta pengelolaan jasa kebandaraan atas bandara tersebut.

Bertahun-tahun Mangkrak, Gubernur Sulsel dan Menhub Komitmen Kereta Api Beroperasi Oktober 2022
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersama Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi serta pimpinan BUMN/BUMD melaksanakan Rapat koordinasi terkait progres pembangunan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare di Rumah Jabatan Gubernur, Jumat malam, 27 Mei 2022.

Untuk itu Ia Kemenhub akan pelajari lebih dalam terkait rencana  setelah itu akan saya sampaikan akan kembali melakukan langkah tindak lanjut ke Pemprov Sulsel.

Lihat Juga:  Sekprov Sulsel: Pelantikan Eselon ll Sisa Menunggu Hasil dari Tim Penilai

“Saya akan pelajari dalam dua hingga tiga minggu ini, setelah itu akan saya sampaikan proposal kepada Bapak Gubernur, bagaimana bandara itu (dikelola),” ujarnya.

Ia melanjutkan, masyarakat Sulsel sangat energik untuk mengembangkan daerahnya. Dan kehidupan masyarakatnya dinamis.

“Harapan saya ini bisa berhasil dengan dukungan Pak Gubernur yang luar biasa dan Allah memberikan jalan kepada kita,” harapannya. (*)

Berita terkait