Bandara Arung Palakka Bone
Pengembangan Bandara Arung Palakka di Kabupaten Bone, menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Bandara Arung Palakka terletak di Desa Mappalo Ulaweng, Kecamatan Awangpone, dan mulai dibangun secara bertahap pada tahun 2007, dan baru beroperasi tahun 2013.

MAKASSAR—Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengaku pembangunan Bandara Arung Palakka Kabupaten Bone terus dilakukan agar segera beroperasi secara maksimal.

“Bandara arung palakka kabupaten bone kita bagi tugas,pertama pemerintah provinsi sulsel telah memberikan anggaran bantuan keuangan daerah untuk rintisan jalan masuk bandara termasuk membantu pengaspalan dan lainnya,” ungkap Plt Gubernur Sulsel saat ditemui dikantor Gubernur Sulsel, Senin (20/9/2021).

Andi Sudirman menyebutkan, Pemkab Bone telah menyelesaikan pembebasan lahan bandara Arung Palakka. “Kabupaten Bone juga sudah selesai melakukan pembebasan lahannya bahkan pak Mentri perhubungan minta akan segera di hibahkan,” sebutnya.

Plt Gubernur Sulsel lebih jauh mengaku, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan akan menyelesaikan pembangunan Bandara Arung Palakka.

“Anggarannya sekitar Rp60 miliar, Insya Allah paling tidak tugas Pemprov Sulsel selesai, dengan memberikan bantuan keuangan daerah termasuk kabupaten bone yang telah membebaskan lahannya. Kalau bantuan keuangan totalnya sekitar Rp25 Miliar untuk tahun ini dan tahun depan,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Arafah menyebutkan, nantinya panjang landasan Bandara Arung Palakka akan bertambah dari 1.200 meter menjadi 1.600 meter.

“Nanti bandara arung palakka ditargetkan bisa dilalui itu ATR 72 setelah Perpanjangan Runway (Landasan Pacu) ini,” kata Arafah. (*)