Kadishub Sulsel Muhammad Arafah
Muhammad Arafah, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan.

MAKASSAR—Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Arafah menegaskan, tak ada penyekatan mudik yang akan dilakukan seperti idul Fitri kemarin.

Menurutnya, Idul Adha tidak seramai Idul fitri. Apalagi kata dia, sudah ada surat edaran terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang akan membatasi mobilitas orang.

“Tidak ada. Biasanya Idul adha tidak seramai Idulfitri, tahun baru atau Natal. Apalagi sekarang ada surat edaran terkait dengan pembatasan PPKM itu, di bandara itu sangat dibatasi. Sehingga diprediksi orang yang ingin pulang idul adha itu hampir dikatakan tidak ada. Apalagi sosialisasinya sudah massif juga dilarang untuk bepergian,” katanya, Selasa (13/7/2021).

Kendati demikian, ia menegaskan, pihaknya tetap menunggu instruksi terbaru dari pihak pemerintah pusat.

“Ke depan kita tetap menunggu instruksi dari kementerian. Cuman saya melihatnya kan PPKM ini sampai tanggal 20 bulan ini. Mungkin diperpanjang kalau memang Jawa-Bali tetap tidak bisa mengendalikan Covid-19,” pungkasnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas berkerumun untuk sementara dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan

Ia juga menyebutkan akan memperketat bandara dan pelabuhan untuk mengupayakan pencegahan bertambahnya kasus Covid-19 di Sulsel. (*)