JAKARTA – Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr Abdul Rahman Rahim SE, MM diundang Mendikbud Nadiem Makarim pada acara Forum Silaturrahmi Pendidikan dan Kebudayaan Rabu (20/11/2019) di Ruang Sidang Graha 1 Gedung A, Lantai 2.

Forum silaturrahmi dengan moderator, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ismunandar.

Acara ini dihadiri pada pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia, membicarakan masalah di perguruan tinggi negeri dan swasa.

Selama acara para rektor ini mengemukakan masalahnya, termasuk kondisi perguruan tinggi termasuk meminta de-regulasi akreditasi kembali ke BAN-PT, karena LAM-PT, dinilai memberatkan.

Perguruan tinggi selama ini terbebani pajak yang cukup tinggi terutama PTS, padahal PTS pemasukan satu satunya dari mahasiswa, diusulkan agar ada regulasi khusus tentang subsidi pajak PT.

Terungkap juga akreditasi cukup di institusi saja dan memperkuat audit internal. Proses akreditasi prodi dan institusi ini menjadikan para dosen tidak fokus mengajar dan meneliti, karena terlibat dalam masalah-masalah akreditasi

Rektor perguruan tinggi swasta yang hadir di antaranya, Universitas Telkom, Universitas NU Surabaya, Universitas Bakri, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Binus. (yah/cz/shar)