MAKASSAR – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) mendorong kepada para Dosen dalam lingkup UNM untuk terus melakukan inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital.

Hal tersebut ia sempaikan pada Workshop E-Learning yang di gelar Fakultas Tekni, dalam impelementasi System and Application Management Open Knowledge SYAM-OK yang merupakan pltaform e-learning yang digunakan UNM dalam perkuliahan daring. Kegiatan tersebut digelar di Gardenia Hall lt.5 Hotel Claro.

“Sejak sebelum covid kita sudah mecoba menghadirkan dalam proses belajar berbagai langkah inovasi menyiapkan proses pembelajaran, jadi bukan karena adanya Covid, tapi dari dulu saya katakan seluruh dosen harus mempersiapkan bahan ajarnya dalam bentuk daring,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kemajuan teknologi 4.0 telah memaksa seluruh negara di dunia untuk beradaptasi. Menurutnya, teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam aktivitas hidup manusia.

“Kita sadar betul negara kita bahkan seluruh dunia dipaksa memasuki revolusi industri 4.0 yang Seluruh aspek kehidupan itu sudah diwarnai dengan teknologi,” jelasnya.

Dengan ini, ia mendorong para dosen dalam melakukan proses perkuliahan dan seluruh perangkat pembelajaran agar mahaiswa diajarkan kemampuan memahami dan menggunakan teknolgi.

“Karena itu ia menekankan dalam pelaksanaan proses pembelajar perlunya penekanan kepada mahasiswa dalam mempelajari dan manfaatkan teknologi. Apalah artinya kita berposes dengan baik denga memberikan keilmuan dan keterampilan kepada mahasiswa kita sampai menjadi alumni kalau kemudian tidak bisa menjadi apa-apa di luar sana,” tambahnya. Humas UNM Burhanuddin, melaporkan [*]