Satu Orang Jemaah Haji Kloter 1 Makassar Positif Covid

Ilustrasi Calon Jemaah Haji
Ilustrasi Calon Jemaah haji

MAKASSAR—Satu orang Jemaah Calon Haji (JCH) perempuan berusia 50 tahun kelompok terbang (kloter) 1 Makassar, didapati positif covid 19, sehingga keberangkatan jemaah haji tersebut terpaksa ditunda.

Menurut Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas I Makassar, Muh Haskar Hasan, temuan tersebut setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan terhadap yang bersangkutan.

Meski sebelumnya berdasarkan dokumen kesehatan yang dimiliki jemaah yang bersangkutan negatif covid, namun sesuai standar operasional prosedur (SOP) selain memeriksa dokumen, pihak KKP kelas I Makassar juga melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan saat JCH masuk di Asrama Haji Sudiang.

“Pemeriksaan kesehatan itu berupa meningitis, Covid-19, serta tes PCR. Hal itu dilakukan karena menjadi persyaratan dari pemerintah Arab Saudi,” kata Maskar, Jumat (17/6/2022).

Masih menurut Maskar, JCH yang dinyatakan positif tersebut kondisinya tanpa gejala, sehingga disarankan untuk melakukan isolasi mandiri.

“Bukan berarti mereka dibatalkan tapi ditunda keberangkatannya. insya Allah dalam beberapa hari isolasi, dilakukan pemeriksaan lagi, mudah-mudahan hasilnya negatif dan mereka akan menyusul ke Arab Saudi,” harapnya.

Berita Lainnya

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muh Ansar, saat melepas rombongan Jamaah Haji Kota Makassar Kloter 1 di Asrama Haji Sudiang, sehari sebelumnya mengingatkan kepada para Jamaah untuk tetap memperhatikan kondisi kesehatan. Karena menurutnya kondisi kesehatan yang baik, membuat jemaah dapat beribadah lebih khusyuk. (*/5dr)

Lihat Juga:  Didampingi Firman Pagarra, Wali Kota Danny Sidak Kantor Bapenda

Berita terkait