Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan silaturahmi Ke Gubernur provinsi sulsel Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi-Selatan, Jalan Sungai Tangka, Sabtu, 17 Oktober 2020.

MAKASSAR – Didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel, Dr Ashari Fakhsirie Radjamilo MSi, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan silaturahmi Ke Gubernur provinsi sulsel Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi-Selatan, Jalan Sungai Tangka, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Pada kesempatan itu Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan, pembangunan desa harus bertumpu pada dua hal yaitu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi.

Ia yang akrab disapa Gus Menteri itu menyebutkan, SDM dan ekonomi merupakan sektor yang sama-sama penting dan harus menjadi prioritas sehingga tidak boleh diambil salah satunya.

“Karena keduanya sama dengan bicara tentang lebih dulu mana antara ayam dan telur tidak ada ujungnya. dua-duanya antara SDM dan ekonomi ini mutlak,” ungkap Gus Menteri.

Hal itu juga disampaikan saat memberikan arahan di Balai Latihan Masyarakat (BLM) Makassar, Jumat 16 Oktober 2010.

Gus Menteri meminta agar seluruh BLM milik Kemendes PDTT yang tersebar di beberapa daerah juga fokus pada pengembangan SDM, selain melakukan pelatihan untuk meningkatkan ekonomi desa.

Adapun pesertanya tidak harus selalu warga desa, bisa juga Pendamping Desa atau Kepala Desa dan Aparatur Desa.

BLM juga dapat memfasilitasi antar Kepala Desa untuk berbagi pengalaman membangun desa. Kepala Desa yang berprestasi diberikan fasilitas berbagi pengalamannya agar dapat ditiru oleh kepala desa yang lainnya.

“Percepatan pembangunan desa kuncinya satu yaitu meniru keberhasilan yang sudah diraih oleh Kepala Desa dan Desa yang berhasil, atau istilahnya replikasi atau kloning atau adopsi pada berbagai keberhasilan yang dilakukan atau diraih oleh desa lain,” sebutnya. (*)