Beranda ยป Sulsel ยป Tamzil: Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Beri Perhatian Serius Akan Kurangannya Tenaga Polhut
Tamzil: Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Beri Perhatian Serius Akan Kurangannya Tenaga Polhut
Sulsel

Tamzil: Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Beri Perhatian Serius Akan Kurangannya Tenaga Polhut

Pinrang – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sul-Sel Ir.H. Muhammad Tamzil, MP, melakukan kunjungan kerja ke UPTD KPH Sawitto untuk memastikan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari Unit Kerja Teknis di Kabupaten pinrang sekaligus memantau persoalan yang ada.

Muhammad Tamzil mengatakan, Kunjungan ini merupakan kegiatan rutin untuk memaksimalkan dan memantau tupoksi UPTD KPH Sawitto berjalan lancar,sekaligus melihat dan memantau persoalan yang bisa terjadi.

Luas Hutan Kabupaten Pinrang sekitar 75.014 Hektar, permasalahan kehutanan diwilayah ini tergolong cukup tinggi baik itu masalah pembalakan liar maupun sengketa kawasan tanah,Lanjutnya.

Masalah Kehutanan di Kabupaten Pinrang,masih tergolong cukup tinggi baik itu pembalakan liar maupun sengketa tanah kawasan, apalagi sejak undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014, dengan pengalihan kewenangan bidang kehutanan dari kabupaten ke provinsi, sehingga masa transisi ini perlu di sikapi dengan cepat dengan penguatan kelembagaan KPH sebagai lembaga operasional di tingkat tapak, termasuk penambahan tenaga polisi kehutanan, Tegasnya.

Tamzil lebih jauh mengatakan,saat ini rasio tenaga Polisi Kehutanan (Polhut) PNS hanya berjumlah 6 orang,sehingga terpaksa harus merekrut Polhut Non PNS sebanyak 56 orang.

“Rasio jumlah tenaga polhut PNS yang hanya sekitar 6 orang,tidak sebanding dengan luas hutan yang harus dijaga, jadi terpaksa harus merekrut Polhut Non PNS sebanyak 56 orang,sehingga perbandingan luas wilayah kerja perorang sama dengan kurang lebih1.000,-ha/orang,Ungkapnya.

“Setiap tahunnya juga ada tenaga Polhut PNS yang pensiun,sehingga ini harus menjadi perhatian yang serius dari pemerintah pusat maupun daerah untukk formasi Polisi Kehutanan kedepan sebagai upaya menjaga kelestarian hutan.Tegasnya.(rmt73).