MAKASSAR – Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPJJ UT) Makassar setiap kali memulai pembelajaran setiap semester melibakaan antara 350-400 tenaga tutor.

Demikian ditegaskan Direktur UPJJ UT Makassar diwakili Koordinator Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, Drs. Subirman Musa MHum, saat menutup Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka Angkatan ke-24 di Hotel Santika Makassar, Minggu siang (14/7/2019).

Dijelaskan, saat ini jumlah tutor di UPBJJ UT Makassar mencapai sekitar 1000 orang, setiap tahun dua kali menggelar pelatihan dan satu angkatan sebanyak 30 orang.

“Pelatihan tutor setiap tahun tetap dilakukan karena setiap saat ada tutor yang sudah tidak mampu menjalankan tugas tutorial karena sakit, meninggal, pindah tempat tugas atau ditinggalkaan oleh UT Makassar,” kata Subirman.

Hasil pelatihan selama tiga hari semoga dapat meraih sertifikat untuk layak menjadi tutor di UT Makassar.

“Suatu saat nanti akan ada panggilan ikut pembekalan tutorial harus hadir sekaligus pertanda siap melaksanakan tugas selaku tutor dengan 8 kali pertemuan serta tiga kali penugasan pada pertemuan 3, 5 dan 7,” jelas Subirman.

Masa registrasi untuk pembelajaran 2019 akan dilaksanakan, Minggu II September 2019.

Salah seorang peserta pelatihan, Dr Dg Maklassa SPd MM, memberi kesan dan pesan saat penutupan acara mengemukakan, selama tiga hari pelatihan banyak menimba ilmu dan keterampilan dari narasumber berpengalaman dan sudah teruji membawakan materi,” tutur Kepala SDN Bawakaraeng I Makassar ini.

Begitu menarik materi dan pembawa materi serta pelayanan panitia sangat bagus, sehingga tidak terasa waktu berlalu tiga hari, tegas Sekretaris PGRI Kota Makassar ini.

“Proses pembelajaran mandiri dengan sistem online sehingga tertarik lagi untuk lanjut studi belajar dan mendalami ilmu-ilmu hukum di UT,” ungkap doktor manajemen PPs-UMI Makassar 2012 ini.

Kegiatan diikuti 60 orang peserta di buka Jumat pagi (12/7/2019) oleh Direktur UPJJ UT Makassar, Drs Andi Sylvana MSi didampingi para pengelola lainnya.

Narasumber pelatihan didatangkan dua orang pemateri dari UT Jakarta yakni, Dr Adi Suryanto MPd serta Dr Trini Prasiti MPd. (ruf/c/shar)