Beranda Β» Makassar Β» Wali Kota Makassar Target Makassar Raih Adipura Kencana 2018
Makassar

Wali Kota Makassar Target Makassar Raih Adipura Kencana 2018

MAKASSAR – Setelah tiga kali berturut-turut mendapatkan Adipura, Kali ini Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto menargetkan Kota Makassar meraih Adipura Kencana pada tahun 2018 ini.

Orang nomor satu kota Makassar ini, beranggapan untuk meraih hal tersebut dibutuhkan kerja ekstra dan koordinasi menjadi hal penting.

“Tahun ini sangat menentukan, kita target Adipura Kencana dan kedua kita target adiwiyata juga bisa masuk semuanya,” ucap Danny, usai melakukan rapat koordinasi terkait persiapan Adipura, Di ruang Sipakatau, Jumat (19/1/18).

Kata Danny, banyak hal yang perlu dipersiapkan seperti kebersihan Kota harus lebih meningkat. Ia pun menilai saat ini lorong-lorong lebih bersih dari sampah dibandingkan ruko-ruko yang berjejeran di poros jalan. Namun, hal itu akan segera ditindak lanjuti dengan bekerjasama degan satgas kebersihan.

Sementara, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Azis Hasan mengatakan penghargaan yang lebih bergengsi di bidang lingkungan hidup ini diberikan pemerintah bagi kota-kota yang telah empat kali meraih Adipura dengan beberapa persyaratan khusus.

Setiap aspek manajemen dan peran serta masyarakat (termasuk PKK dan Kesehatan) harus mempunyai nilai 80% dari nilai maksimum setiap aspek tersebut, dan nilai fisik harus lebih besar atau sama dengan 80% dari nilai maksimum.

Untuk mewujudkan target itu, pihaknya terus mempersiapkan diri dengan memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH), penataan dan pengelolaan sampah, penataan dan pengelolaan taman, hingga memaksimalkan partisipasi masyarakat.

β€œkita akan mempersiapkan syarat-syarat untuk penilaian Adipura Kencana dari berbagai kriteria, karena dalam pelaksanaannya memerlukan penanganan ekstra, baik dari pemerintah maupun masyarakat. Paling penting kita harus bekerjasama dengan masyarakat,” pungkasnya. [*/4ld]