Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, dr. H. Khairul M.Kes, menginisiasi terjalinnya hubungan kerja sama antara pemkot Tarakan dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas.

MAKASSAR – Walikota Tarakan, Kalimantan Utara, dr. H. Khairul M.Kes, menginisiasi terjalinnya hubungan kerja sama antara pemkot Tarakan dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas, saat berkunjung ke kampus FKM Unhas, Senin (10/2/2020).

Khairul yang hadir di kampus FKM Unhas dengan didampingi sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tarakan tersebut, menawarkan kerjasama dengan FKM Unhas khususnya dalam bidang peningkatan mutu pelayanan kesehatan, pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, Khaerul yang merupakan alumni S2 FKM Unhas serta S1 Kedokteran Unhas tersebut, lebih banyak bernostlagia saat Walikota Tarakan periode 2019-2024 ini menikmati masa kuliahnya di kampus merah itu.

Dekan FKM Unhas, dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed, yang saat menerima kunjungan tersebut didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, MSc.PH, PhD, dan Ketua Program Studi S2 MARS, Dr. Syahrir A. Pasinringi, MS, menyambut dengan antusias penawaran kerja sama tersebut.

“Kami memiliki SDM guru besar dan doktor lebih dari cukup untuk digunakan dalam pengembangan Tarakan di berbagai bidang terutama di bidang kesehatan. Kerjasama ini juga dapat digunakan untuk mahasiswa kami yang melakukan pengabdian masyarakat, magang atau kegiatan lainnya,” tandas dr. Aminuddin.

Lebih lanjut menurut dr. Aminuddin, kerjasama tersebut lebih banyak ditekankan pada bidang Pendidikan, Pelayanan Kesehatan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang dimiliki masing-masing.

“Kerja sama dalam penyelenggaraan, penyediaan, pengelolaan dan pendayagunaan sarana-prasarana dan fasilitas lain yang dimiliki para pihak dilakukan secara terencana, terintegrasi, transparan, akuntabel, efektif dan efisien untuk kepentingan bersama, dan rencananya penandatanganan naskah kerjasama secara resminya baru akan kita lakukan besok (11/2),” pungkasnya. (*/464ys)