Beranda ยป News ยป Waspada Tsunami, Dua Gempa Besar Guncang Jawa
News

Waspada Tsunami, Dua Gempa Besar Guncang Jawa

TASIKMALAYA – Gempa dengan kekuatan 6,9 SR yang mengguncang Tasikmalaya sempat membuat sirine early warning system atau alarm peringatan tsunami di Pangandaran berbunyi.

Berdasarkan informasi, gempa ini juga membuat masyarakat Tasikmalaya panik dan berhamburan keluar rumah. Meski terjadi pada malam hari, hampir semua warga di perkotaan menyelamatkan diri dan mencari tempat yang lebih tinggi.

Dari akun Twitter Humas BMKG @infoBMKG menyebutkan, ada dua gempa yang terjadi malam ini. Gempa pertama terjadi pada pukul 23.04 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto mengatakan, gempa bermagnitudo 4,5 tersebut berpusat di koordinat 7,29 derajat Lintang Selatan (LS) dan 106,69 derajat Bujur Timur (BT) atau 48 km barat daya Sukabumi, Hawa Barat. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gempa kedua terjadi pada pukul 23.47 WIB dan juga berpotensi menimbulkan tsunami. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat gempa bermagnitudo 6,9 (sebelumnya ditulis 7,3, red) di koordinat 7,75 derajat LS dan 108,11 derajat BT pada kedalaman 107 km.

Selain itu, goncangan gempa juga dirasakan oleh warga Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Bandung dan Jakarta. [*/4ld]