32 BUMDes di Sulsel Terima Bantuan Permodalan
Sebanyak 32 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Provinsi Sulawesi Selatan, menerima bantuan permodalan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan transmigrasi (Kemendesa PDTT) RI Tahun Anggaran 2021.

MAKASSAR—32 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Provinsi Sulawesi Selatan, menerima bantuan permodalan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan transmigrasi (Kemendesa PDTT) RI Tahun Anggaran 2021.

Tahap verifikasi berkas bantuan permodalan bagi pengelola BUMDes berkembang di Sulawesi Selatan dilakukan langsung oleh tim dari Kemendes PDTT, selama 2 hari, Rabu (22/06/2021) dan Kamis (23/06/2021) di kantor Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provnsi Sulawesi Selatan sebagai OPD Pembina Lembaga Ekonomi Desa di Sulawesi Selatan.

BUMDes yang mengikuti verifikasi secara keeluruhan berasal dari 21 kabupaten. Adapun yang diverifikasi pada Kamis (23/06/2021) yaitu meliputi; Kabupaten Bantaeng (BUMDesa Ganting di Desa Labbo), Barru (Bumdes Karya Bersama Cesa Corowali), Bone (Bumdes Mattiro Deceng, Benri Gau, Harmonis dan BUMDes Sejahtera), Bulukumba (Bumdes Benteng Mandiri Desa Benteng Malewang dan Bumdes Buttu Batu Desa Buttu Batu), Gowa (Bumdes Jenetallasa, Pa’rappunganta), sementara yang lainnya telah diverifikasi sehari sebelumnya.

Menurut Tim Verifikasi yang terdiri dari 3 Orang yakni Richard Parulian, Sub Koordinator Pengembangan Kelembagaan Investasi Daerah Tertinggal didamping oleh Muhammad Setiawan, Staf Direktur PKEI dan AM Suharto Putra Saad Analisis data dan Informasi) BUmdes yang lolos seleksi veriifkasi mendapatkan penyertaan modal sebesar 75 juta rupiah yang nantninya akan dimanfaatkan sebagai tambahan modal pada unit usaha masing-masing BUMDes. (*)