Biji Ketapang Ternyata Mampu Bikin Isteri Makin Sayang

0
932
Biji Ketapang, ternyata mampu bikin isteri makin sayang suami. (Foto: Ilustrasi)

SEHAT – Pohon Ketapang atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Terminallia cattapa yang selama ini hanya dikenal sebagai pohon pelindung yang rimbun dan berpenampilan indah. Ternyata diketahui memiliki kasiat yang luar biasa bagi kesehatan manusia.

Tumbuhan asli Asia Tenggara yang banyak tumbuh di daerah pantai, namun jarang ditemui di wilayah Sumatera dan Kalimantan ini.

Ternyata bijinya memiliki cita rasa yang hampir sama dengan almond, dan banyak digunakan untuk camilan atau sebagai bahan kue untuk menggantikan almond. Bahkan sajian biji ketapang juga merupakan camilan khas Betawi, Jakarta disaat lebaran tiba.

Ezeokonkwo dan Dodson (2004) pernah meneliti kandungan nutrisi dalam biji ketapang. Penelitiannya menemukan, bahwa biji ketapang kaya akan protein (25.81%) dan asam amino seperti leusin, penilalanin, isoleusin, histidin, valine, triptofan, threonin, methionin, lisin dan tirosin.

Inti biji ketapang yang telah dikeringkan dapat diekstrak minyaknya. Minyak ini mengandung asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat.

Biji Ketapang diketahui juga memiliki sifat afrosidiak, yaitu sebuah zat kimia yang dipercaya dapat merangsang daya seksualitas.

Jadi, biji ketapang bisa menjadi obat kuat/perangsang gairah seksual yang alami, serta juga dapat menurunkan resiko ejakulasi dini.

Selain itu, biji ketapang juga memiliki kandungan protein yang sangat besar yaitu mencapai 25,81% serta mengandung asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh. Kedua jenis asam lemak ini sangat bermanfaat, khususnya asam linoleat (omega-6), yang berfungsi menurunkan sensitifitas insulin.

Dalam biji ketapang juga diketahui memilik kandungan Vitamin E yang baiuk untuk tubuh diantaranya meningkatkan kesuburan, menjaga kesehatan dan kelenturan kulit serta mencegah penuaan dini.

Beberapa hal lain yang diketahui dapat diperoleh dari khasiat biji ketapang adalah; menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.

Juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara menghambat sintesis kolesterol, mengurangi resiko terjadinya stroke serta mencegah penyakit hipertensi dengan cara melebarkan dan melancarkan pembuluh darah.

Yang tak kalah pentingnya ternyata biji ketapang juga dapat membantu menurunkan berat badan, hal itu bisa terjadi karena kandungan asam lemak dalam biji ketapang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Asam lemak ini juga disimpan sebagai cadangan makanan saat tubuh membutuhkan. Oleh karena itu tubuh jarang merasa lapar dan cepat kenyang.

Nah, jika selama ini Anda hanya menganggap pohon ketapang hanya sebagai pohon pelindung atau pohon hias saja.

Ada baiknya Anda mencoba mengkonsumsi biji ketapang, untuk membantu mengatasi sejumlah permasalahan kesehatan Anda, selamat mencoba. (464ys)