Advertisement - Scroll ke atas
  • Iduladha 1445 H
  • Kalla Group
  • Bapenda Makassar
  • Pemkot Makassar
  • Pemkot Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
Kesehatan

Cara Memanfaatkan Daun Sirsak untuk Obat Asam Urat

1983
×

Cara Memanfaatkan Daun Sirsak untuk Obat Asam Urat

Sebarkan artikel ini
Cara Memanfaatkan Daun Sirsak untuk Obat Asam Urat
Asam urat adalah sebuah penyakit yang umumnya menyerang pria berusia di atas 30 tahun. Biasanya penyakit ini menyebabkan nyeri yang luar biasa yang acap kali disertai pembengkakan dan rasa panas di area persendian.
  • Pemprov Sulsel
  • PDAM Kota Makassar
  • Banner DPRD Makassar

SEHAT—Asam urat adalah sebuah penyakit yang umumnya menyerang pria berusia di atas 30 tahun. Biasanya penyakit ini menyebabkan nyeri yang luar biasa yang acap kali disertai pembengkakan dan rasa panas di area persendian.

Semua sendi di tubuh pada dasarnya beresiko terserang asam urat, namun pada umumnya sendi yang paling rentan terserang asam urat adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki.

Advertisement
Scroll untuk melanjutkan

Dalam sebuah artikel yang tayang di halodoc.com disebutkan, bahwa sejumlah factor yang memicu kadar asam urat dalam tubuh seseorang diantaranya meliputi: Pola makan kurang sehat seperti mengkonsumsi daging merah berlebihan, minum-minuman manis serta minum alkohol.

Selain itu bisa juga disebabkan oleh berat badan yang berlebihan, efek tekanan darah tinggi yang tidak diobati, penyekit jantung dan ginjal, faktor lain yang dianggap juga mampu memicu adalah faktor keturunan.

Berbagai cara dan pengobatan biasanya dilakukan oleh penderita asam urat, hal ini dikarenakan umumnya penderita sangat tersiksa dan bahkan susah tidur pulas jika penyakit itu datang.

Ironisnya banyak diantara penderita yang lebih memilih pengobatan kimia meski di sekitar kita Allah telah menyediakan obat-obat herbal yang kebetulan tidak diketahui, salah satunya dengan menggunakan daun buah sirsak.

Asam Urat
Ilustrasi Asam urat.

Pada umumnya kita hanya mengenmal Sirsak sebagai buah yang rasanya manis dan asam. Namun tahukah anda sebiuah penelitian menunjukkan, bahwa buah sirsak dagingnya kaya akan serat.

Bahkan diketahui dalam 100 gram daging buah sirsak mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh perhari hingga 13 persen. Selain mengandung serat daging sirsak juga mengandung Karbohidrat, terutama fruktosa, vitamin C, B1 dan B2.

Namun sebuah penelitian menunjukkan, bahwa selain daging buah sirsak, ternyata daun sirsak banyak mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan daun sirsak dianggap merupakan bagian yang paling bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Daun sirsak menjadi populer ketika sebuah penelitian menyatakan bahwa di dalam daun sirsak terdapat senyawa yang mampu untuk mengobati kanker.

Salah satu kandungan dalam daun sirsak yang bermanfaat bagi kesehatan adalah Acetogin, yang merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki kemampuan membunuh racun di dalam tubuh dengan cara menghambat energi sel kanker. Bahkan daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi.

Selain menghambat pertumbuhan sel kanker, beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan daun sirsak diantaranya adalah; Asam urat, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi anemia, mengatasi insomnia, mengobati Rematik, diabetes, mengobati bisul dan menyingkirkan kutu dari kepala.

Khusus Dalam hal mengobati Asam urat caranya cukup dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Tunggu hingga airnya hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi dan sebelum tidur agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Namun meski demikian bukan berarti daun sirsak tidak memiliki efek samping, olehnya itu jangan mengkonsumsi daun sirsak secara berlebihan, karena berdampak pada turunnya tekanan darah, mual dan muntah serta dapat membentuk Kristal di dalam ginjal. (464ys)

daun sirsak
Daun Sirsak
error: Content is protected !!