MAKASSAR, Komunitas Birma Peduli, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, Jum’at (20/3) melaksanaan penyemprotan cairan disinfectan di sejumlah masjid yang ada di wilayahnya.

Dalam kegiatan yang dipimpin langsung ketua LPM kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi Yunisworo itu, dilakukan penyeprotan di 3 lokasi yaitu masjid Baiturrahman, ORW. 01 dan masjid wakaf H. Masting yang terletak di RT. 06, ORW. 03, kelurahan Biring Romang, serta kantor kelurahan Biring Romang.

Menurut Ambang, kegiatan yang diberi nama Birma Siaga Covid 19 tersebut dilaksanakan dalam upayanya untuk menekan potensi penyebaran virus corona, dan sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman bagi warga saat menjalankan sholat berjamaah di masjid tersebut.

“Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk menekan potensi penyebaran virus corona, sekaligus memberikan rasa nyama dan aman bagi warga yang ingin tetap menjalankan sholat berjamaah di masjid tersebut,” terang Ambang.

Lebih lanjut menurut Ambang, kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam 3 hari berturut-turut dengan sasaran penyemprotan 10 masjid, 1 gereja dan sejumlah lokasi yang menjadi tempat berkumpul warga, seperti poskamling, posyandu dan temapt-tempat berkumpul lainnya.

“Penyemprotan ini rencananya akan kita laksanakan selama 3 hari berturut-turut hingga hari minggu nanti, dengan sasaran semua tempat ibadah yang ada di wilayah kelurahan Biring Romang, yaitu 10 masjid dan 1 gereja, serta sejujmlah tempat berkumpul lainnya seperti poskamling, posyandu dan lain-lain,” lanjut Ambang.

Selain anggota komunitas Birma Peduli, nampak turut hadir mendampingi antara lain, Kasi Pemerintahan, Andi Muh. Yahya, SE, Kasi Kebersihan, Sapri, SIP, Plt. ketua Tim Penggerak PKK, St. Muliati, ketua Persatuan Majelis Taklim (Permata) Biring Romang, R. Ela Rahayu.

Menanggapi aksi sosial penyemprotan masjid oleh Komunitas Birma Peduli itu, ketua Pengurus Masjid Baiturrahman, Syamsir Suppu, mengaku sangat berterima kasih, karena berkat penyemprotan tersebut jemaah masjid menjadi merasa lebih nyaman saat menjalankan sholat berjamaah.

“Kami tentu sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini, karena dengan penyemprotan disinfectan yang dilakukan, maka jemaah menjadi merasa lebih nyaman dan aman untuk menjalankan sholat berjamaah di masjid,” ucap Syamsir.

Untuk diketahui, Birma Peduli merupakan komunitas yang dibentuk oleh LPM Kelurahan Biring Romang, yang beranggotakan sejumlah tokoh masyarakat yang ada di kelurahan tersebut, dengan aktifitas utama bergerak di bidang sosial khususnya penanganan dampak bencana di tingkat kelurahan Biring Romang dan sekitarnya. (T4nk)