Beranda » News » Direktur CIA Dikabarkan, Mendengar Rekaman Pembunuhan Jamal Khashoggi
Direktur CIA Dikabarkan, Mendengar Rekaman Pembunuhan Jamal Khashoggi
Direktur CIA Gina Haspel memberi kesaksian di hadapan Komite Intelijen Senat dalam sidang dengar pendapat di Capitol Hill, Washington, 9 Mei 2018. (Foto: Dok)
Dunia News

Direktur CIA Dikabarkan, Mendengar Rekaman Pembunuhan Jamal Khashoggi

WASHINGTON – Kepala Dinas Intelijen Pusat Amerika (CIA), Gina Haspel, ketika berada di Turki dalam menyelidiki kematian wartawan Saudi Jamal Khashoggi, dikabarkan telah mendengarkan rekaman audio penyiksaan dan pembunuhan Khashoggi.

Harian Washington Post mengutip sumber yang sangat mengetahui tentang hal itu, mengklaim bahwa rekaman tadi sangat meyakinkan dan bisa digunakan Amerika untuk menekan Arab Saudi supaya mengaku bertanggung jawab atas kematian wartawan yang bekerja sebagai kolumnis pada harian Washington Post itu.

Presiden Donald Trump yang sebelum ini selalu mengatakan, Arab Saudi adalah sekutu penting dan pembeli penting senjata-senjata buatan Amerika, seperti bom, tank dan pesawat tempur, agaknya semakin curiga atas peran Putra Mahkota Mohammed bin Salman dalam kematian Khashoggi.

Kemarin, ia mengatakan kepada harian Wall Street Journal bahwa Salman adalah pejabat yang mengatur segalanya di Arab Saudi, “dan kalau ada orang yang harus bertanggung-jawab, dia lah orangnya.”

Trump juga mengatakan kepada wartawan bahwa para pejabat Saudi telah melakukan usaha menutupi kejahatan itu dengan sangat buruk.

“Konsep asli mereka sangat buruk, dan operasinya dilaksanakan dengan buruk pula. Kemudian ada usaha menutup-nutupi peristiwa itu, yang paling buruk dalam sejarah,” kata Trump. [VOA/shar]