Diskop Sulsel Hadirkan Psikolog Semangati UMKM Saat Pandemi

Puluhan UMKM mengikuti training dan konsultasi agar UMKM bisa bangkit dari pandemi.

MAKASSAR – UMKM menjadi sektor paling rentan saat pandemi namun juga paling siap pulih memasuki new normal. Besarnya peran UMKM bagi perekonomian sehingga perlu didampingi agar tetap beroperasi dalam keadaan kesehatan emosi dan mental yang optimal.

Berkaitan hal itu, Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan mengadakan layanan pemulihan bisnis secara online dengan menghadirkan psikolog.

Melalui media zoom, Sabtu, 18 Juli 2020 puluhan UMKM mengikuti training dan konsultasi agar UMKM bisa bangkit dari pandemi. Kegiatan ini difasilitasi Sulasmi Sudirman, S.Psi, MA sebagai life coach dari Points of You Indonesia.

Kegiatan ini dipandu host Bahrul ulum dan Aly Anwar selaku moderator yang keduanya sebagai konsultan PLUT Sulawesi Selatan.

Dalam paparannya, Sulasmi mengatakan, situasi pandemi jangan menjadikan UMKM terpuruk namun sebaliknya bangkit dan bertumbuh dengan mengubah mindset, kreatif dan inovatif serta berkolaborasi.

Meskipun melalui online, narasumber yang arab disapa Ami juga secara interaktif memberikan edukasi, motivasi, bagaimana mengatasi kecemasan sampai teknik-teknik relaksasi.

Berita Lainnya

“pandemi menimbulkan ketidakpastian sehingga sulit membuat perencanaan. Banyak yang jadi cemas, mudah marah sampai mengganggu kesehatan mental. Karena itu penting manajemen diri sendiri dan menggunakan teknik-teknik relaksasi diri,” tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, H. Abd. Malik Faisal, SH.M.Adm mengatakan, beberapa UMKM saat ini selain pendampingan manajemen usaha juga butuh pendampingan dan konseling untuk mendapatkan semangat baru memulai usahanya setelah trauma covid-19.

“pandemi sebagai bencana non alam selain berdampak sosial, ekonomi juga kesehatan fisik dan mental sehingga penting juga untuk mendampingi UMKM dari sisi semangat dan penguatan mental psikologis,” tambahnya.

Lihat Juga:  Kecamatan Rappocini Luncurkan Perahu Sapu Kanal

Kegiatan ini sendiri direncanakan dilaksanakan beberapa sesi untuk menjangkau lebih banyak pelaku UMKM, tambah Bahrul ulum selaki konsultan PLUT. (*)

Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan mengadakan layanan pemulihan bisnis secara online dengan menghadirkan psikolog.

Berita terkait