Advertisement - Scroll ke atas
  • Iduladha 1445 H
  • Kalla Group
  • Bapenda Makassar
  • Pemkot Makassar
  • Pemkot Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
  • Universitas Dipa Makassar
Media Kampus

Dua Rektor PTN-BH Universitas Terbuka-Unhas Tandatangani Kerjasama Penguatan APK Pendidikan Tinggi

570
×

Dua Rektor PTN-BH Universitas Terbuka-Unhas Tandatangani Kerjasama Penguatan APK Pendidikan Tinggi

Sebarkan artikel ini
Dua Rektor PTN-BH Universitas Terbuka-Unhas Tandatangani Kerjasama Penguatan APK Pendidikan Tinggi
Dua rektor Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) menandatangai nota kesepahaman kerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi untuk penguatan Angka Partisipasi Kasar (APK).
  • Pemprov Sulsel
  • PDAM Kota Makassar
  • Banner DPRD Makassar

MAKASSAR—Dua rektor Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) menandatangai nota kesepahaman kerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi untuk penguatan Angka Partisipasi Kasar (APK).

Penandatangan kerjasama dua rektor kampus negeri ini dilakukan Rektor UT, Prof Dr Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D dengan Rektoe UNHAS, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, M.Sc, Senin siang 4 Desember 2023 di Rektorat Unhas Tamalanrea Makassar.

Advertisement
Scroll untuk melanjutkan

Pada prosesi penandatangan kerjasama itu Rektor UT didampingi Direktur UT Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE MM dan Rektor Unhas didampingi Wakil Rektor dan para dekan dekan.

Kesempatan itu dijelaskan untuk melakukan kerjasama pada potensi masing masing kampus yang dimiliki guna meningkatkan kualitas pendidikan tinggi agar capaian Angka Partisipasi Kasar (APK) secara nasional dapat lebih meningkatkan prosentasinya lagi.

Rektor Unhas pada sambutannya mengatakan, data terakhir menunjukkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tingi secara nasional sekitar 40 persen. Angka ini jika dibanding negara negara tentangga ada yang sudah mencapai 75 persen dan malah ada lebih tinggi lagi.

Capaian APK secara nasional ini menjadi tanggungjawab bersama untuk terus meningkatkan dengan lebih banyak menjangkau warga negara melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

Selama ini kampus UT secara agresif telah melakukan pembelajaran secara terbuka dan jarak jauh dengan jangkauan mahasiswa yang juga termasuk cukup besar sehingga UT hebat dalam hal pembelajaran terbuka dan jarak jauh.

Potensi yang dimiliki UT itu sehingga UNHAS harus belajar dari UT terutama dalam sistem pembelajaran jarak jauh untuk saling memperkuat membangun tanggung jawab meningkatkan angka APK, apalagi UNHAS memiliki cukup banyak sumber daya dosen yang memiliki kemampuan dan keterampilan.

Sistem dan model pembelajaran yang dimiliki UT dipadukan dengan dosen Unhas yang memiliki dimensi kedisiplinan ilmu yang beragam sangat baik untuk disinergikan.

Rektor UT Prof Ojat Darojat kesempatan itu mengatakan, semua pihak wajib mendukung pemerintah pusat dalam meningkatkan APK Pendidikan Tinggi. Kerjasama ini tentu akan membantu dalam peningkatan APK Pendidikan Tinggi. UT sejak mulai hadir 1984 siap bermitra dengan berbagai kalangan untuk meningkatkan angka APK pendidikan tinggi.

Beberapa kerja sama memungkinkan untuk dapat dilakukan jaringan media pembelajaran dapat digunakan bersama sehingga UNHAS dapat menyelenggarakan proses pembelajaran pada lokasi yang ada di Papua, Sorong dan lainnya menggunakan jaringan media pembelajaran UT.

Selain itu modul bahan ajar digital yang digunakan UT selama ini dapat disusun secara bersama-sama guna menghasilkan bahan ajar yang baik kemudian digunakan secara bersama. Selain itu media pembelajaran tatap muka dan kuliah online juga dapat dikerjasamakan.

Penandatangan kerjasama dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia telah dilakukan dengan harapan maju bersama dan tumbuh bersama.

Ditempat terpisah Direktur UT Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM menambahkan, penandatangan naskah kesepahaman kerjasama akan ditindaklanjuti dengan kegiatan aksi dengan para dekan-dekan dan pusat pengembangan lainnya di Unhas.

Selain kerjasama pada pendidikan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dapat juga dilakukan kerjasama dalam pengembangan unit-unit bisnis dan usaha usaha lainnya yang memungkinkan selalu sama sama PTN dengan status Badan Hukum. (*)

error: Content is protected !!