MEDIASULSEL.COM—Daun Sirih jenis tanaman yang hidup secara merambat dan memiliki bahasa ilmiah Piper Betle, bukanlah tanaman asing bagi masyarakat Indonesia. Namun meski demikian pada saat ini banyak diantara masyarakat Indonesia modern yang tidak lagi mengenali manfaat dan khasiat tanaman yang memang asli Indonesia ini.

Berdasarkan penelusuran Media Sulsel di dunia maya Sirih diketahui sebagai anti septic, anti inflimasi dan mampu berfungsi sebagai pendingin kulit, yang khasiatnya bukan hanya di permukaan tubuh, namun jika dikonsumsi rebusan daun Sirih akan banyak memberi manfaat untuk organ-organ tubuh.

Secara umum daun sirih dikenal terdiri dari dua jenis, yaitu Sirih Merah dan Sirih Hijau. Namun kedua jenis ini memiliki kandungan senyawa hampir sama, hanya satu kelebihan daun sirih merah yaitu memiliki kandungan zat flavonoid yang merupakan anti oksidan penangkal berbagai penyakit, yang tidak dimiliki sirih hijau.

Adapun beberapa manfaat daun sirih merah diantaranya adalah; sebagai obat bronchitis, yaitu dengan cara memasak 6 – 10 lembar daun sirih bersama 300 ml air hingga tersisa setengahnya lalu diminum secara teratur 3 kali sehari.

Daun Sirih merah juga dipercaya mampu membersihkan paru-paru, atau sebagai obat alternatif Pneumonia. Caranya cukup dengan rebus 5 – 7 lembar daun sirih dengan air 500 Ml hingga mendidih, lalu minum secara teratur 3 kali sehari. Namun jika merebusnya hingga hanya tersisa 3 gelas dan daun yang digunakan daun yang muda, rebusannya dipercaya meringankan asam urat.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya, manfaat daun sirih adalah mampu melancarkan kencing dan tentu saja membersihkan area kantung kemih, yaitu dengan cara blender 5 lembar daun sirih merah lalu campur dengan segelas susu dan 1 sendok madu asli minum sekurangnya setiap satu minggu sekali.

Selamat mencoba, namun perlu diketahui efek yang ditimbulkan tidak selamanya sama kepada setiap orang, tergantung orangnya masing-masing. (464Ys)