Beranda ยป T i p s ยป Cara Memanfaatkan Daun Pinus sebagai Obat Stroke
Cara Memanfaatkan Daun Pinus sebagai Obat Stroke
Memanfaatkan Daun Pinus sebagai Obat Stroke (Foto: Ilustrasi)
Kesehatan T i p s

Cara Memanfaatkan Daun Pinus sebagai Obat Stroke

SEHAT – Pinus atau dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Pinus mercusi, ternyata berdasarkan hasil riset yang dirilis dalam Journal of Bone & Mineral Research (JBMR) tahun 2009. Ternyata daunnya memiliki kandungan senyawa Anti-Inflamasi dan Anti Oksidan yang mampu menangkal pertumbuhan sel-sel radikan bebas stroke.

Berdasarkan itulah, maka para penderita penyakit stroke sangat direkomendasikan menggunakan daun pinus sebagai obat herbal alami yang mampu secara khusus mengobati bahkan menuntaskan penyakit stroke dalam tingkat kronis sekalipun.

Mengkonsumsi jamu yang terbuat dari ramuan daun pinus diyakini cukup efektif sebagai solusi penyembuhan stroke jika dikonsumsi secara rutin. Karena daun pinus mengandung sejumlah nutrisi antara lain Protein, Zat besi, Fosfor, Vitamin C, Vitamin E, Flavonoid, Riboflavin, Thiamin, dan Niasin.

Bahkan seorang pakar kesehatan asal Baverly Hills, Amerika Serikat, Dr. Jennifer Hermann, MD, FAAD, menyatakan kemampuan daun pinus sebagai obat herbal dalam menyembuhkan stroke tidak bisa diremehkan.

Pinus memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam mulai dari Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B12, Kalsium, Magnesium, dan Zat besi. Dimana memang bagi para penderita penyakit stroke sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya sebagai asupan obat herbal-alami.

Bahkan seorang pakar kesehatan Dietetics & Clinical Nutrition Dr. Shandya Pandev M.Sc, mengatakan, bahwa daun pinus terbukti memiliki pengaruh yang signifikan dalam proses percepatan penyembuhan stroke, termasuk juga dalam kasus penyakit stroke dalam tingkat kronis yang sudah sangat membahayakan.

Adapun langkah untuk mengolah daun pinus menjadi ramuan herbal penyembuh stroke juga sangat sederhana yaitu dengan menyiapkan 4 hingga 8 tangkai daun pinus, potong terlebih dahulu ujung-ujung daun yang kekuningan, kemudian dicuci bersih dengan air, lalu tumbuk daun pinus tersebut atau blender hingga halus.

Hasil tumbukan daun pinus lalu dicampur dengan air bersih sebanyak 300 hingga 350 ml, untuk selanjutnya direbus hingga masak, lalu saring air rebusan daun pinus tersebut dalam sebuah wadah, lalu tambahkan sedikit gula/madu untuk mengurangi rasa pahitnya, lalu minumlah seperti layaknya meminum jamu.

Untuk hasil maksimal disarankan untuk meminumnya sehari 2 kali, namun dianjurkan untuk meminum ramuan baru, atau tidak menyimpan ramuan untuk dikonsumsi di kesempatan berbeda. Selamat Mencoba, semoga bermanfaat. (464Ys)