Tim D'Finos bersama Direktur Pertamina Hulu dan Direktur Elnusa Tbk.

JAKARTA – Prestasi kembali ditorehkan oleh insan unggul Elnusa Petrofin (EPN). Kali ini EPN yang mewakili PT Elnusa Tbk berhasil meraih berbagai penghargaan dalam ajang Continous Improvement Program (CIP) Awards Forum Hulu PT Pertamina (persero) tahun 2019 yang berlangsung di ICE BSD Tangerang 20-22 November 2019.

Tim Project Colaboration Improvement (PC Prove) D’Finos yang terdiri dari Ratih Fauziah, Ravel Alviando, Zaky Yanwar serta Arifdho Yanata, dimana keempatnya merupakan Karyawan PT Elnusa Petrofin.

D’FINOS menyabet 3 penghargaan sekaligus yaitu pemenang kategori Platinum PC Prove CIP AWARD 2019, kemudian Best PC Prove serta Best Innovation dalam ajang bergengsi ini.

Seluruh peserta yang berkompetisi telah melalui serangkaian penjurian intensif selama beberapa hari.

Para peserta yang maju ke forum ini sebelumnya merupakan tim pemenang dari forum CIP dari masing masing anak perusahaan Hulu Pertamina (persero) yang setiap tahun digelar oleh PT Pertamina (persero) dan diikuti seluruh anak perusahaan dan afiliasinya.

Dalam ajang yang memperlombakan inovasi ini, tim PC Prove D’Finos Elnusa Petrofin menciptakan terobosan berupa Oil Spill Dispersant (OSD) yang bersifat anti toxic dan sangat ramah lingkungan.

Chemical tersebut sanggup mengatasi tumpahan minyak di beragam permukaan baik darat maupun laut dengan berbagai rentang skala luas.

Kelebihan lain dari OSD ciptaan tim D”FINOS ini menggunakan bahan dasar yang berasal dari turunan CPO (Crude Palm Oil) yang merupakan bahan baku melimpah di Indonesia.

Tim D’FInos bersama Lisda Dwi Rahayu

OSD ini juga kompatibel dan efektif terhadap berbagai jenis produk minyak dari mulai Heavy Crude Oil, Light crude oil, hingga minyak hasil olahan seperti MFO, Solar dan Gasoline sehingga dapat digunakan di berbagai jenis tumpahan minyak di Hulu dan Hilir Migas.

Produk ini telah melalui beragam tes antara lain uji toksisitas di Institut Teknologi Bandung (ITB), serta telah dipresentasikan dalam Rapat Kerja Operasi SKK Migas 2019, Ajang IPA 2019, HSSE Forum Pertamina dan Forum CIP Pertagas.

Sembari menunggu proses paten, dalam waktu dekat produk ini siap dipasarkan ke seluruh Indonesia dengan nama dagang FIN OSD.

Lisda Dwi Rahayu selaku Department Head QHSSE (Quality, Health, Safety, Security, & Environment) EPN yang turut membina dan mengawal langkah tim D’Finos dalam ajang ini mengatakan, perjuangan yang dilalui oleh teman-teman D’Finos terbilang tidak mudah.

“Namun patut di syukuri bahwa setelah mendapatkan The Best Productivity di ajang CIP Elnusa Group, tim Elnusa Petrofin kembali mendapatkan penghargaan bergensi,” jelas Lisda.

Tim D’Finos Bersama Direktur Marketing & Operasional EPN

“Semoga menjadi semangat baru untuk teman-teman lain dan semakin banyak menelurkan ide-ide inovatif,” lanjutnya.

Di tempat terpisah, Direktur Utama Elnusa Petrofin Haris Syahrudin mengatakan, mengucapkan selamat dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Tim D’FINOS, Tim Chemical EPN serta seluruh pihak yang telah full effort dan support sehingga 3 penghargaan bergengsi ini dapat diraih.

“Pencapaian ini tentu memberikan value added kepada pemberi dan stakeholders. Tetap rendah hati dan semangat untuk selalu melakukan yang terbaik,” pungkasnya.

Tim D’Finos sama mendapat penghargaan Best PC Prove

Diketahui, Elnusa Petrofin (“EPN”) didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk (Perusahaan Terbuka sejak 2008), dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina (Persero).

PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM, terutama Jasa Transportasi BBM, jasa pengelolaan Depo BBM, penjualan BBM Industri & Marine, trading Chemical, trading Pelumas & Asphal dan Ritel Bahan Bakar (SPBU&SPBE).

Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM satu harga ke seluruh penjuru nusantara. (*)