Harkopnas ke-70 dan Kongres Koperasi ke-III di Makasar Dihadiri Presiden Joko Widodo

 

MAKASSAR – Gerakan Koperasi Indonesia, yang dalam hal ini diwadahi Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) akan memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70, yang secara nasional puncak acaranya di selenggarakan di lapangan Karebosi, kota Makasar, Sulawesi Selatan pada tanggal 12 Juli 2017.

Harkopnas ini mengambil Tema “Koperasi Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan Untuk Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia”, dan akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Direncanakan hadir dalam acara ini Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, serta sejumlah pejabat tinggi negara lainnya. Di luar itu juga Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Drs. H.AM Nurdin Halid, serta ribuan insan koperasi yang datang dari 34 Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) tingkat provinsi dan 450 Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) tingkat kabupaten dan kota.

Selain berpidato, Presiden Jokwi dijadwalkan juga akan menganugerahkan penghargaan kepada para pejabat negara dan tokoh koperasi yang dianggap telah berjasa membangun koperasi Indonesia. Penghargaan itu berupa Setya Lencana Pembangunan dan Setya Lencana Wirakarya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga juga akan memberikan penghargaan kepada Koperasi-Koperasi Terbaik dan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2017.

Sementara itu, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid bersama mitra kerjanya KPPU, PT Sinar Mas, OJK, Bank BRI dan BJB dihadapan Presiden Jokowi akan menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanting (MoU). Sesuai agenda, sebelum hadir pada acara peringatan Harkopnas pada sore hari, Presiden Jokowi lebih dulu akan mengunjungi Badan Usaha Lorong (BULO) di kota Makassar.

Berbeda memang dengan seremonial Harkopnas sebelumnya, Harkopnas Makasar terkesan lebih istimewa. Hal ini karena kegiatannya juga dirangkai dengan Kegiatan Expo/Pameran Produk Koperasi Nasional dan Internasioal serta temu bisnis yang diikuti oleh gerakan koperasi dari Negara Negara anggota ICA seperti Malaysia, Sri Lanka, India, Thailand, Vietnam, Kemudian Gerak Jalan Santai, sekaligus juga penyelenggaraan Kongres Koperasi ke-III. Semua kegiatan ini dilaksanakan di Makasar selama lima hari (11-15 Juli 2017).

Nurdin Halid mengatakan, ketika Dekopin beraudensi ke Istana Negara beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi juga menyanggupi, bersedia ikut hadir pada pembukaan Kongres Koperasi ke-III malam harinya di Grand Clarion Hotel and Convention, Makasar.

Dengan demikian tiga rangkaian kegiatan pada Sebelumnya, rangkaian kegiatan Harkopnas sudah dimulai sejak tanggal 7 Juli 2017 di Jakarta. Yaitu pelaksanaan Ziarah ke Makam Bapak Koperasi Indonesia “Bung Hatta” di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dipimpin Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, bersama sama dengan Pimpinan Dekopin. (*/4ld)

0 Comments

Komentar Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register