Beranda » News » Insiden Lion Air JT 610, Sejumlah HOAX Beredar di Media Sosial
Insiden Lion Air JT 610, Sejumlah HOAX Beredar di Media Sosial
News

Insiden Lion Air JT 610, Sejumlah HOAX Beredar di Media Sosial

Sejumlah berita Hoax beredar terkait dengan jatuhnya pesawat lion air JT 610 pada 29 Oktober 2018. Sejumlah foto dan video beredar yang disebut sebagai pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh. Informasi tersebut bisa dipastikan tidak benar atau bohong.

Foto yang viral memperlihatkan bangkai pesawat Lion Air yang terbelah dan bagian dalam pesawat terlihat. Bangkai pesawat itu ada di laut dan tampak beberapa petugas sedang melakukan evakuasi.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat Twitternya dan menyebut Info tersebut tidak benar, Selasa (30/10/2018).

Foto tersebut adalah bangkai pesawat Lion Air JT 904 yang kecelakaan pada 13 April 2013. Kecelakaan saat itu terjadi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Selain itu, Sutupo juga mengkonfirmasi dua buah foto yang menunjukkan para penumpang sedang menggunakan masker oksigen dalam pesawat dan juga menyatakan bahwa foto tersebut Hoax dan bukan merupakan penumpang pesawat JT 610. Melainkan Foto tersebut merupakan kondisi penumpang pesawat Sriwijaya saat turbulensi beberapa waktu lalu. Semua penumpang dan pesawat selamat.

Tak hanya itu, ada postingan foto bayi yang dikatakan penumpang pesawat JT-610 yang selamat. Sutopo mengkonfirmasi bahwa Foto bayi ini adalah bayi yang selamat dari tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selaya.

Tak hanya foto namun sebuah video juga berdedar yang mengatakan postingan dari penumpang Lion Air JT 610, Sutopo juga mengkonfirmasi bahwa video tersebut Hoax. video tersebut merupakan kondisi pesawat Lion Air JT 353 Padang-Jakarta yang turbulensi, dalam kondisi tersebut semua penumpang dilaporkan selamat.

Sutopo menghimbau masyarakat tidak lagi menyebarkan Hoax terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 karena tidak ada foto dan video yang diupload sebelum pesawat jatuh

Polisi juga meminta masyarakat untuk tidak lagi menyebarkan hoax terkait insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat tersebut. Polisi juga mengingatkan penyebar hoax dapat dijerat dengan pidana. [*/4ld]