Kabid Pembinaan SMK Disdik Sulsel Kunjungi SMKN 9 Makassar
Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. Andi Ernawati, MSi, didampingi salah seorang stafnya Andi Resni, SP, mengunjungi sekaligus memantau pelaksanaan PPDB online yang sementara berlangsung di SMKN 9 Makassar, Rabu (23/06/2021).

MAKASSAR—Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. Andi Ernawati, MSi, didampingi salah seorang stafnya Andi Resni, SP, mengunjungi sekaligus memantau pelaksanaan PPDB online yang sementara berlangsung di SMKN 9 Makassar, Rabu (23/06/2021).

Selain memantau pelaksanaan PPDB Online, kedatangan Ernawati di SMK yang terletak Jl. Salodong, Untia, Kecamatan, Biringkanaya, Kota Makassar itu juga dalam rangka meninjau persiapan SMKN 9 Makassar yang terus berbeah semenjak ditetapkan Plt Gubernur Sulsel sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Pada kesempatan tersebut Ernawati melihat bagaimana proses produksi dengan melibatkan siswa dalam bentuk pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dilakukan secara shift oleh siswa-siswi jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP).

Ernawati melihat langsung bagaimana sigap dan terampilnya siswa dalam membuat produk olahan ikan tuna berupa Nugget Ikan Tuna, dan langsung berdialog dengan siswa bagaimana cara membuat nugget yang dijelaskan dengan lancar oleh Satrio Ikhwan Pratama salah seorang siswa kelas X jurusan APHP.

Sementara itu Kepala SMKN 9 Makassar, Drs. Muhiding, MSi. mengatakan bahwa PjBL yang dilakukan siswa APHP ini merupakan kerjasama dengan Plara Seafood Indonesia sebagai industri mitra, dimana seluruh bahan-bahan olahan berupa tetelan ikan tuna diberikan kepada sekolah untuk dibuat nugget dan bakso sesuai standar, selanjutnya hasil olahan sebagian diambil oleh industri dan sebagian dipasarkan siswa secara mandiri.

“Kegiatan pembelajaran PjBL ini merupakan inisiatif dari guru-guru produktif APHP untuk menggandeng industri sehingga pembelajaran praktik meskipun dimasa Pandemi Covid-19 masih tetap terlaksana, mudah-mudahan dengan kehadiran Ibu Kabid dan melihat langsung proses produksi akan memberikan semangat kepada siswa-siswi maupun guru-guru di SMKN 9 Makassar,” pungkasnya (*)