Lurah Pattunuang Pastikan Ruko BG Berdiri di Atas Tanah Fasum Jalanan
Bangunan Ruko Bandung Gorden, di Jl. KH. Ramli yang diduga berdiri di atas Fasum jalanan.

MAKASSAR—Kadis Pertanahan kota Makassar, Akhmad Namsum, menduga kuat adanya pemalsuan surat atas lahan fasum yang terletak di jalan KH. Agus Salim, Kelurahan Pattunuang, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, tempat berdirinya bangunan ruko BG.

Halitu disampaikan Akhmad dalam rapat koordinasi yang turut dihadiri sejumlah SKPD terkait termasuk diantaranya Bidang Aset Pemkot Makassar, PD Pasar, DTRB, Kecamatan Wajo, Kelurahan Pattunuang dan Satpol PP Makassar, Rabu (13/10/2021).

Kadis Pertanahan Makassar Duga Kuat Ada Pemalsuan Surat di Lahan BG
Kadis Pertanahan kota Makassar, Akhmad Namsum, memimpin rapat koordinasi yang turut dihadiri sejumlah SKPD terkait termasuk diantaranya Bidang Aset Pemkot Makassar, PD Pasar, DTRB, Kecamatan Wajo, Kelurahan Pattunuang dan Satpol PP Makassar, Rabu (13/10/2021).

“Disurat itu tertulis Kop Surat Dinas Pertanahan kota Makassar, namun ditandatangan Bidang Pertanahan, itu sudah aneh dan tahunnya pun 2015. Dinas Pertanahan 2017 baru berdiri. Rekomendasi PU menyatakan itu adalah Jalan dan bidang aset sejak tahun 2004 lokasi itu terdata aset Pemkot Makassar,” ujar Akhmad Namsum.

Terkait hal tersebut, untuk langkah selanjutnya, Pihak Dinas Pertanahan Kota makassar menugaskan Satpol PP untuk lebih intensif beberapa hari ini mencari data tambahan di lokasi serta meminta kelurahan Pattunuang pertegas objek lokasi sebenarnya agar dalam eksekusi pengembalian aset kota makassar tidak salah tempat.

“Kita harus tuntaskan masalah Fasum yang diambil alih oleh beberapa oknum pedagang termasuk Bandung Gorden dan yang lain di belakangnya. Tim buru aset kota Makassar akan dibentuk dan tim ini akan bergerak mengembalikan aset yang dikuasai oknum,” tegas Akhmad.

Sebelumnya, sebagaimana telah diberitakan Media Sulsel, Lurah Kelurahan Pattunuang, Kecamatan Wajo, Ilham menerangkan bahwa lokasi itu masuk jalan KH Agus Salim dan merupakan Fasum. (70n)