Kapolri Minta Satpam Mantapkan Komitmen Moral

MEDIASULSEL.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) meminta Jajaran Satuan Pengamanan (Satpam) se-Indonesia untuk memelihara dan memantapkan komitmen moral sebagai salah satu pengemban fungsi kepolisian, yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota Satpam.

Hal itu terungkap dalam sambutan tertulis Kapolri, yang dibacakan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, yang bertindak sebagai inspektur Upacara HUT Satpam ke-36, di Lapangan Karebosi Makassar, pada Jum’at, 30/12/2016)

Selain itu, dalam sambutan tertulisnya Kapolri juga memberikan arahan, agar Satpam senantiasa bersikap tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakan ketertiban di Lingkungan kerjanya, selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi, meningkatkan komunikasi dengan Polri dan berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik serta taktik kepolisian terbatas maupun industrial Security.

Selain upacara, pada puncak peringatan HUT Satpam Tingkat Polda Sulsel tahun 2016, yang diselenggarakan hasil Kerjasama Polda Sulsel, Polrestabes Makassar, Polresta Pelabuhan, Polreta Gowa, Polresta Maros, dan DPD Asosiasi Profesi Sekuriti Indonesia (APSI) Sulsel ini, juga disuguhkan peragaan keterampilan anggota Satpam dalam penggunaan borgol, tongkat “T” dan kemampuan pengaturan berlalu lintas.

Upacara yang dihadiri ribua Satpam ini, juga diramaikan hadirnya utusan Karang Taruna Makassar, Laskar Merah Putih Sulsel, Senkom Sulsel, Satpol PP Kota Makassar, Garda Nusantara Sulsel, anggota kepolisian dan utusan sejumlah Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang ada di Kota Makassar.

Sekretaris Panitia Pelaksana, Ambang Ardi, mengatakan kegiatan peringatan HUT Satpam tahun ini, sebelumnya juga didahului dengan dilaksanakan sejumlah lomba-lomba antar Satuan Pengamanan seperti Lomba Keterampilan Satpam, Lomba Cerdas Cermat dan penilaian Satpam yang dianggap berprestasi dalam menjalankan tugas-tugasnya di sejumlah instansi baik pemerintah maupun swasta. (*)

Berita Lainnya

Berita Terkait