Manajemen Kasus, Langkah Strategis Kadis P3A Dalduk KB Sulsel Mengatasi Permasalahan PPA
Kadis P3A Dalduk KB Sulsel, Dr Fitriah Zainuddin, membuka kegiatan Peningkatan kapasitas sumber daya lembaga penyedia layanan penanganan bagi korban kekerasan di hotel Aryaduta Makassar.

MAKASSAR—Permasalahan Perlindungan Perempuan dan Anak yang multidimensional menuntut Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) untuk memiliki suatu pendekatan yang dapat mengintegrasikan maupun mengkoordinasikan layanan yang ada di daerah.

Demikian disampaikan Kadis P3A Dalduk KB Sulsel, Dr Fitriah Zainuddin, saat membuka kegiatan Peningkatan kapasitas sumber daya lembaga penyedia layanan penanganan bagi korban kekerasan di hotel Aryaduta belum lama ini.

Dijelaskan, manajemen kasus merupakan pendekatan yang tepat dalam merespon kompleksitas permasalahan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) khususnya di Sulawesi Selatan guna memudahkan dalam pengintegrasian maupun koordinasi layanan.

“Melalui manajemen kasus, penanganan dan permasalahan perlindungan anak dapat dilakukan secara komprehensif, kompeten, efisiensi, efektif dan berkelanjutan serta memperkuat fungsi pengelolaan kasus bagi UPTD PPA,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Sulsel, Dr. Hj. Fitriah Zainuddin, M.Kes, berharap semua peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Semua peserta yang terdiri dari 30 orang dari 9 Kab/Kota yang merupakan pengelola/petugas Inti dari UPTD PPA yaitu Manager Kasus, Tenaga Pekos dan Petugas Pengaduan dan Rujukan supaya betul betul dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik,” harapnya.

Fitriah menambahkan, kegiatan ini menjadi bagian pengembangan wawasan dan peningkatan kemampuan manajerial penanganan kasus kekerasan maupun perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Manajemen Kasus, Langkah Strategis Kadis P3A Dalduk KB Sulsel Mengatasi Permasalahan PPA
Kadis P3A Dalduk KB Sulsel, Dr Fitriah Zainuddin, memberi arahan pada kegiatan Peningkatan kapasitas sumber daya lembaga penyedia layanan penanganan bagi korban kekerasan di hotel Aryaduta belum lama ini.

“Semua ini tentu dalam rangka pengembangan wawasan dan peningkatan kemampuan manajerial penanganan kasus kekerasan maupun perlindungan terhadap perempuan dan anak. Untuk mendorong pencapaian yang maksimal, kapasitas pengelola UPTD PPA dan memperkuat kapasitasnya tentang manajemen kasus,” pungkasnya. (*)