Beranda » News » Mendagri: Proses Pemberhentian Ahok Sudah Final
News

Mendagri: Proses Pemberhentian Ahok Sudah Final

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan kalau pengunduran diri Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah memenuhi keputusan hukum secara akhir (final).

“Ahok mundur dan tidak ajukan upaya banding, prinsipnya sudah memenuhi keputusan hukum final,” kata Tjahjo dalam pesan singkatnya, Senin (29/5).

Dia menambahkan, proses tersebut juga tanpa harus menunggu kepastian dari upaya hukum lanjutan, apakah jaksa mengajukan banding atau tidak. Proses pemberhentian Ahok, bisa segera diproses dalam waktu dekat.

Tjahjo mengatakan, dirinya sudah bertemu dengan Jaksa Agung HM Prasetyo dan hasil komunikasinya adalah terkait masalah status Ahok. Menurut dia, hasil pembicaran tersebut, pemberhentian Ahok sudah final.

“Tanpa harus menunggu apakah jaksa mengajukan banding atau tidak,” ujar Tjahjo.

Dengan begitu, nantinya DPRD DKI Jakarta segera melangsungkan sidang paripurna pemberhentian Ahok. Setelah itu, DPRD mengirimkan surat kepada Kemendagri soal pengunduran diri Ahok untuk diusulkan mendapatkan keputusan Presiden (Kepres).

Keluranya Kepres pemberhentian Ahok, sekaligus menunjuk Plt Gubernur Djarot Saiful Hidayat sebagai gubernur defintif. Jadwal pelantikannya nanti, bergantung pada Presiden. (*/4ld)