Beranda » Islam » Mengintip Keunikan Masjid Yang di Buat Oleh bangsa Jin
Islam Wisata

Mengintip Keunikan Masjid Yang di Buat Oleh bangsa Jin

MALI – Di Afrika Barat tepatnya di  Mali ada sebuah Masjid yang bernama masjid Nando. Masjid ini sangat unik, bukan hanya dari segi arsitektur, masjid ini menjadi sangat terkenal didunia lantaran hingga kini kemunculannya masih menyimpan ‘misteri’ seputar pembangunannya.

Masjid yang terbuat dari lumpur dengan desain bangunan indah ini berdiri kokoh di sebuah desa kecil bernama Desa Nando, Mali, Afrika Barat. Karena letaknya ada didesa Nando, Masjid inipun diberi nama Masjid Nando oleh masayarakat setempat.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat Desa Nando, Afrika Barat, Masjid yang terbuat dari lumpur ini dibangun oleh bangsa jin atau mahluk Ghaib. Hal ini diperkuat dengan struktur bangunan masjid yang sangat aneh dan bahan bangunan dari lumpur yang tidak lazim seperti bangunan-bangunan pada umumnya.

Tak hanya itu, ketika memasuki masjid tersebut ada nuansa mistis yang sangat kental di dalam masjid Nando.

Masjid yang diperkirakan ada pada abad ke-12 Masehi ini juga tidak memiliki kubah pada atap bangunannya berbeda dengan masjid pada umumnya. Namun, unsur Islam sangat jelas di bangunan ini dengan bebagai tulisan kaligrafi Arab yang juga terbuat dari lumpur pada tiap sisi bangunan.

Misteri lainnya pada masjid ini, adanya jejak tapak kaki besar pada salah satu sisi masjid. Dan hingga kini cerita ‘gaib’ seputar pembangunan masjid ini masih bertahan di masyarakat Mali.

Walaupun demikian, Hungga saat ini masjid Nando masih berfungsi aktif sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim yang tinggal di Nando dan sekitarnya. (*/4ld)