Muh. Nabil, Karateka Cilik Gojukai Komplek Unhas Biring Romang Berhasil Harumkan Makassar
Muh. Nabil, Karateka cilik, putra sulung pasangan Muh. Ansar dan Herlina, kelahiran Makassar, 22 Juli 2011 ini, secara mengejutkan berhasil mengharumkan nama Kota Makassar, setelah berhasil menyabet medali emas di kategori Festival SD Sabuk Hijau-Biru, dalam UNJ Cup X, International Karate Championship Open & Festival, yang digelar secara virtual 10-12 September 2021.

MAKASSAR—Muh. Nabil, Karateka cilik, putra sulung pasangan Muh. Ansar dan Herlina, kelahiran Makassar, 22 Juli 2011 ini, secara mengejutkan berhasil mengharumkan nama Kota Makassar, setelah berhasil menyabet medali emas di kategori Festival SD Sabuk Hijau-Biru, dalam UNJ Cup X, International Karate Championship Open & Festival, yang digelar secara virtual 10-12 September 2021.

Saat dikunjungi Mediasulsel.com dirumahnya, di Jl. Baiturrahman IX, RT. 04/ RW. 01, Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ayah Nabil, Muh. Ansar, mengaku bangga meskipun tidak pernah menyangka, bahwa anaknya yang baru kurang lebih setahun berlatih karate di Dojo LPM Komplek Unhas Biring Romang, mampu meraih prestasi seperti ini.

“Tentu kami sekeluarga sangat bangga, meskipun saya tidak menyangka bahkan boleh dibilang belum percaya kalo anak saya bisa berprestasi seperti ini. Namun saya sangat bersyukur atas karunia yang luar biasa dari Allah SWT ini, dan semoga ini jadi penyemangat bagi Nabil untuk lebih tekun berlatih dan mampu meraih prestasi-prestasi lain, dan tidak membuatnya jadi sombong,” tutur Ansar, Minggu (12/9/2021).

Muh. Nabil, Karateka Cilik Gojukai Komplek Unhas Biring Romang Berhasil Harumkan Makassar
Muh. Nabil bersama Ibu dan Ayah serta saudaranya.

Hal senada disampaikan Ibunda Nabil, Herlina, yang mengatakan, bahwa apa yang diperoleh Nabil tersebut tidak terlepas dari jerih payah dan keseriusan para pelatih yang ada di Dojo Gojukai LPM Komplek Unhas Biring Romang.

“Melalui media ini kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Sensei khususnya Sensei yang sampai sekarang belum saya tahu siapa yang telah  membayar uang administrasi perlombaan, sehingga Nabil bisa ikut dalam lomba, kepada Senpai khususnya Senpai inno’, kepada ketua LPM Biring Romang yang telah membuka peluang untuk Nabil mengikuti kegiatan karate ini, dan terakhir pada ketua RT 4, Pak Yusuf yang telah mengajak dan memasukkan nama Nabil pada saat pendaftaran karate tahun lalu,” ucap Herlina sedikit terbata.

Perasaan haru dan kaget ternyata bukan hanya dirasakan kedua orang tua siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu 3 ini, Muh.Yusuf, ketua RT setempat yang mengaku mendorong Nabil untuk ikut latihan karate yang diselenggarakan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Biring Romang bekerja sama dengan Gojukai, tidak pernah menyangka warganya yang dikenal pemalu berhasil menjadi juara 1 untuk perlombaan tingkat Internasional.

“Saya mengenal Nabil baik selaku ketua RT maupun tetangga berhadapan rumah, sangat kaget jika Nabil yang pemalu itu bisa juara 1 lomba karate tingkat Internasional yang diikuti oleh 7 negara, padahal dulu saya mendaftarkannya melalui LPM hanya ingin agar dia lebih berani dan tidak pemalu,” ucap Yusuf.

Kepala Pelatih Gojukai Komplek Unhas Biring Romang, Sensei Kompol Drs. Saiful Alam mengatakan, bahwa Nabil memang memiliki perkembangan yang luar biasa, bahkan jika dibandingkan dengan teman-teman seangkatannya berbeda jauh. Nabil juga tergolong rajin berlatih, bahkan sering kali Nabil ikut berlatih di Bukit Baruga.

“Anak kita Nabil ini memang luar biasa, dia rajin sekali berlatih, bahkan dia sering bergabung berlatih di Bukit Baruga, sehingga Nabil ini dalam seminggu bisa berlatih 2 hingga 3 kali, padahal kalau di komplek Unhas hanya sekali seminggu setiap hari Sabtu saja,” jelas Saiful, seraya berharap prestasi Nabil dapat memberi semangat kepada teman-temannya untuk rajin berlatih dan meraih juga prestasi di kesempatan lain.

Muh. Nabil, Karateka Cilik Gojukai Komplek Unhas Biring Romang Berhasil Harumkan Makassar
Muh. Nabil, Karateka cilik, putra sulung pasangan Muh. Ansar dan Herlina, kelahiran Makassar, 22 Juli 2011 ini, secara mengejutkan berhasil mengharumkan nama Kota Makassar, setelah berhasil menyabet medali emas di kategori Festival SD Sabuk Hijau-Biru, dalam UNJ Cup X, International Karate Championship Open & Festival, yang digelar secara virtual 10-12 September 2021.

Raihan prestasi yang diperoleh Nabil, yang baru pertama kali tampil dan berhasil menjadi juara  lanjut Saiful, hal itu tidak terlepas dari kerjasama semua pihak mulai dari pelatih, orang tua, warga sekitar, ketua RT/RW, lurah dan ketua LPM, yang turut berperan semua dari awal hingga hari ini.

“Yakinlah kita semua tidak ada satupun berhasil tanpa adanya peran orang lain, olehnya itu saya selaku Kepala Pelatih mengucapkan terima kasih kepada semuanya, termasuk kepada orang tuanya. Marilah kita support anak kita Ohai Nabil ini tidak sampai di sini saja, karena usianya masih muda dan masih banyak lagi kesempatan ke depan,” tutur Saiful.

Lebih lanjut Saiful juga berharap agar orang tua Nabil bisa mensupport terus perkembangan Nabil dengan rutin mengantarnya latihan, karena usianya yang masih muda tidak mungkin dibiarkan berjalan sendiri.

“Bapak ibu tidak sendiri untuk membimbing Nabil ke depan, ada kita semua keluarga besar Gojukai. Kita ini besar, jadi jangan khawatir, sepanjang semua dikomunikasikan insya’Allah kita akan bersama-sama,” tegas Saiful yang juga merupakan mantan Kapolsek Manggala ini.

Sementara itu pelatih pendamping Gojukai Komplek Unhas Biring Romang, Senpai Sutrisno SH, dan Senpai Ahmad Faiz, menyampaikan permohonan maaf jika selama ini terlalu keras saat melatih, namun itu semua dilakukan demi mewujudkan kedisiplinan dan sebagai upaya memacu kemampuan anak didiknya.

“Kami berdua minta maaf jika selama ini cara melatih kami terlalu keras, karena itu semua untuk kemajuan adik-adik kami, dan alhamdulillah hari ini bisa menghasilkan sosok juara seperti Nabil,” ujar Sutrisno yang diaminkan Faiz.

Dihubungi terpisah Plt. Lurah Biring Romang, Andi Muh. Yahya, mengaku sangat bangga dengan torehan prestasi yang diraih warganya tersebut, dan tentunya berharap menjadi awal yang baik bagi perkembangan Gojukai di Biring Romang, serta berharap terus dapat menghasilkan atlet-atlet muda berbakat.

“Yang pertama selamat untuk Nabil tentunya beserta kedua orang tuanya atas prestasinya, lebih penting dari itu, saya berharap apa yang dilakukan ketua LPM yang bekerja sama dengan Gojukai membuka tempat berlatih Karate Gojukai di kelurahan Biring Romang ini bisa terus dikembangkan, sehingga ke depan akan semakin banyak melahirkan atlet berprestasi dari Biring Romang,” tegas Andi Yahya.

Untuk diketahui dalam perlombaan ini Muh. Nabil mengikuti perlombaan atas nama Gojukai Bukit Baruga, hal itu terjadi menurut kepala Pelatih Gojukai Bukit Baruga, Ismail Alrip, karena Nabil merupakan satu-satunya peserta yang mewakili Gojukai LPM Komplek Unhas Biring Romang, sehingga untuk memudahkan dari sisi pendampingan, Nabil dimasukkan dalam kontingen Gojukai Bukit Baruga. (464Ys)