Mutasi Pejabat Eselon II akan Segera Dilakukan Penjabat Walikota

0
240
Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. (Foto: Dok)

MAKASSAR – Sejumlah pejabat eselon dua lingkup pemerintah kota (Pemkot) Makassar akan di rotasi dalam waktu dekat ini. Untuk tahap awal akan melakukan Person job fit guna mengetahui kapasitas dan keunggulan tiap pejabat eselon dua.

Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan, nantinya hasil job fit akan menjadi acuan bagi pemerintah dalam menempatkan pejabat ke satu jabatan, dengan kata lain posisi pejabat eselon dua nantinya akan bergantung dari hasil job fit itu.

“Mutasi pejabat memang harus dilaksanakan dalam waktu dekat, pasalnya ada beberapa jabatan yang saat ini lowong dan diisi oleh pelaksana tugas. Ini juga semata-mata untuk penyegaran struktur pemerintahan tanpa ada kepentingan tertentu,” ungkap Iqbal belum lama ini.

Iqbal menambahkan sebelum melakukan job fit, pemkot Makassar harus mendapat persetujuan dari Gubernur Sulsel. Apabila Gubernur menyetujui maka usulan mutasi akan dikirim ke Kemendagri.

“Kita harus mendapat restu atau persetujuan dari Pemerintah provinsi sulsel melalui Gubernur Sulsel, dan apa bila gubernur menyetujui maka usulan mutasi akan dikirim ke kemendagri,” tegasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Makassar, Basri Rahman, mengatakan sejumlah persiapan mulai dilakukan Pemkot Makassar untuk proses mutasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kami telah telah diinstruksikan oleh penjabat walikota untuk melaksanakan proses person job fit,” ungkap Basri.

“Saat ini tahapan mutasi telah memasuki proses pengajuan person job fit ke kemendagri melalui pemprov sulsel. Secara regulasi job fit diperkenankan untuk pejabat pimpinan tinggi pratama yang telah menduduki jabatan minimal dua tahun,” jelasnya.

Basri menyebutkan dari sekitar 30-an jabatan eselon dua di pemkot Makassar hampir semua pejabatnya memungkinkan untuk mengikuti proses job fit karena rata-rata pejabat pemkot merupakan pejabat senior.

“Hampir semua pejabat Pemkot Makassar memungkinkan untuk mengikuti proses job fit karena rata-rata pejabat pemkot merupakan pejabat senior,” sebutnya. (*)