Beranda » Pangkep » Negara Perlu Perhatikan Wilayah Kepulauan
Negara Perlu Perhatikan Wilayah Kepulauan
Brigjen Wahyu Agung Prayitno, Kakanwil Kemhan Sulsel bersama Plh Sekkab Pangkep, Dra Hj Djumliati MSi, ketika menjadi pembicara pada seminar dan diskusi Singkronisasi Kebijakan Pertahanan Negara yang digelar Kementerian Pertahanan Sulsel, Kamis (23/5/2019).
Pangkep

Negara Perlu Perhatikan Wilayah Kepulauan

PANGKEP – Negara harus hadir di semua wilayah termasuk di wilayah terpencil seperti di kepulauan Pangkep. mereka mempunyai hak yang sama dengan semua daerah di Indonesia, untuk menikmati hasil pembangunan dan pemerintahan.

Hal itu dikatakan Brigjen Wahyu Agung Prayitno, Kakanwil Kemhan Sulsel, saat menjadi pembicara pada seminar dan diskusi Singkronisasi Kebijakan Pertahanan Negara yang digelar Kementerian Pertahanan Sulsel, Kamis (23/5/2019).

Pelaksanaan dilakukan di kantor bupati yang diikuti berbagai komponen termasuk, mahasiswa, para ASN hingga tokoh masyarakat.

Wahyu mengatakan, negara harus hadir di semua pelosok negeri ini, sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat.

Begitu juga di wilayah kepulauan Pangkep, yang dinilai selama ini merupkan wilayah yang terpencil dan jauh.

Empat kecamatan kepulauan di Pangkep, dua diantaranya cukup terpencil dan terjauh hingga perbatasan Kalimantan dan NTB.

“Olehnya itu kita terus akan memperhatikan wilayah kepulauan,” katanya.

Salah satu perhatiannya akan dilakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa UMI di wilayah kepulauan.

Hal ini, merupakan KKN yang baru pertamakali dilaksanakan di wilayah terpencil.

“Mereka ditempatkan di sana, agar dapat berbaur dengan masyarakat dan memberikan pengetahuan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Wahyu.

Sementara itu, Plh Sekkab Pangkep, Dra Hj Djumliati MSi, yang membuka acara tersebut mengatakan akan terus mengupayakan perhatian pemkab terhadap wilayah kepulauan.

Salah satunya tentang sektor pendidikan, kesehatan hingga transportasi dan komunikasi. Inilah yang perlu digenjot sehingga mereka yang berada di wilayah kepulauan dapat menikmati hasil pembangunan sama dengan wilayah lainnya di Pangkep. (SHR)