Beranda » Makassar » Pengurus Dekopin Se-Sulsel Ikuti Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan
Makassar

Pengurus Dekopin Se-Sulsel Ikuti Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan

MAKASSAR – Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Makassar mengadakan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan pada pengurus dewan kooerasi melalui Dekopinwil dan Dekopinda Se-Sulawesi Selatan, Jumat (14/7), di Clarion Hotel Makassar.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Ketua Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Sulsel,Rahman Halid,ketua harian Asrullah,Sekretaris Dekopinwil Salman Sahmad, dan perwakilan Dekopinda se-Sulawesi Selatan.

Adapun dari BPJS ketenagakerjaan Cabang Makasar, hadir  Raden Harry Agung Cahya,selaku Kepala bidang pemasaran penerima upah Kantor Cabang BPJS Makassar dan staff.

Dalam acara tersebut,disosialisasikan mengenai syarat, manfaat hingga sanksi jika tak mendaftarkan pekerjanya.

Ada empat ranah dalam BPJS Ketenagakerjaan yakni jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), jaminan hari tua (JHT) dan jaminan pensiun (JP).

“Pemegang BPJS Ketenagakerjaan bisa memperoleh hak pengobatan asal dalam ranah kecelakaan kerja atau musibah terjadi saat bekerja,” ujar Dian Ayu Ismarani,staf kantor BPJS ketenagakerjaan Makassar.

Manfaat lain dari keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan, peserta bisa mendapatkan santunan di luar medis.

Santunan yang diberikan antara lain santunan jika peserta meninggal dunia, tidak bisa bekerja dalam jangka waktu tertentu hingga cacat fisik, serta beasiswa bagi satu anak.

BPJS juga bertanggungjawab untuk mengembalikan peserta untuk bisa bekerja kembali di perusahaan semula, maupun perusahaan lain, tambahnya

Ketua Dekopinwil Sulsel,Rahman Halid berharap pengurus Dekopinwil dan pengurus koperasi dapat mengikutsertakan pekerjanya dalam program BPJS ketenagakerjaan.

“Pengurus koperasi sebagai pelaku usaha akan bisa lebih fokus terhadap usahanya tanpa perlu memikirkan administrasi atau biaya apabila terjadi insiden yang dialami oleh pekerja atau anggota,”tambahnya. (*/4ld)