Beranda Β» Daerah Β» Warga Desa Batu Pute Barru, Demo Kadesnya
Daerah

Warga Desa Batu Pute Barru, Demo Kadesnya

BARRU – Kurang lebih sekitar 70 orang warga Desa Batu Pute, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Jum’at (14/7) mulai jam 08.25 WITA, bertempat di depan kantor Desa setempat, melakukan aksi damai (demo) menuntut Kepala Desa Batu Pute, Sudarin dengan 5 tuntutan.

Sebelumnya massa terlebih dahulu berkumpul di depan masjid Awerange, Desa Batu Pute, dengan dikoordinatori, Adil Darwin, massa berkonvoi dengan mengendarai 2 unit mobil dan 40 buah moyor gerak menuju ke Kantor Desa Batu Pute.

Sesampainya di depan kantor Desa Batu Pute, Adil selaku korlap membacakan 5 tuntutan aksi damainya, yang antara lain neliputi:
1. Kepala Desa Batu Pute diminta untuk meminta maaf dan bertaubat atas kebohongannya.
2. Kepala Desa Batu Pute diminta harus peduli terhadap semua masalah yg terjadi di Desa
3. Kepala Desa Batu Pute diminta kiranya sebelum mengambil suatu keputusan / kebijakan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat, agar melibatkan seluruh tokoh dan elemen masyarakat, termasuk bakal calon kepala Desa yang tidak terpilih saat pemilihan Kepala Desa yang belum lama berlangsung.
4. Kepala Desa Batu Pute diminta agar kiranya dalam menjalankan pemerintahannya senantiasa amanah, jujur, dan transparan.
5. Kepala Desa Batu Pute diminta harus menghilangkan istilah lawan politik.

Kapolres Barru, AKBP Dr. H. Burhaman SH., MH, sekitar jam 08.45 WITA tiba di lokasi aksi damai dan bertemu dengan Kepala Desa Batu Pute, Sudarmin, serta memberikan arahan kepada peserta aksi damai dan dilanjutkan dengan penyampaian permintaan maaf oleh Kepala Desa Batu Pute kepada masyarakat Desa Batu Pute terkhusus kepada peserta aksi terkait kesalahan dan kebijakannya yang dinilai melenceng dari ketentuan dan keinginan masyarakat Desa Batu Pute.

Usai penyampaian permohonan maaf tersebut, Kapolres Barru meminta peserta aksi untuk membubarkan diri secara tertib dan seluruh peserta aksipun decara tertib meninggalkan lokasi aksi damai tersebut.

Pelaksanaan pengamanan aksi damai ini, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Barru, Kompol Akbar Usman, S. Sos dan nampak hadir juga di lokasi aksi, Kasat Intelkam Polres Barru, AKP Asdar, S.Sos, Kasat Sabhara, Kasubag Dal Ops, Plh. Kasat Lantas, personil Pamka dan Pamtup yang berasal dari Polres dan Polsek jajaran Polres Barru, Sekertaris Desa Batu Pute, anggota BPD dan aparatur Desa Batu Pute, Tokoh masyarakat dan warga Desa Batu Pute. (*/464ys)