Plt Gubernur Sulsel Resmikan Ruas Jalan Strategis Sidrap menuju Soppeng
Peresmian jalan itu berlangsung di Kelurahan Batu-Batu, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/8/2021).

SOPPENG—Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan Ruas Pangkajene Sidrap-Batas Soppeng, di kabupaten Sidrap. Peresmian ini dirangkaikan dengan peresmian ruas jalan Soppeng-Pangkajene batas Sidrap di Kabupaten Soppeng.

Peresmian jalan itu berlangsung di Kelurahan Batu-Batu, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/8/2021).

Untuk Ruas Pangkajene Sidrap-Batas Soppeng di kabupaten Sidrap yang baru saja diresmikan, Pemprov Sulsel melalui Dinas PUTR menganggarkan Rp7,59 Miliar untuk penanganan jalan sepanjang 2,02 km.

Akses ini menjadi ruas jalan strategis Sidrap menuju Kabupaten Soppeng. Jalan poros ini merupakan jalan dengan LHR (Lalu Lintas Harian Rata-rata) tinggi atau menjadi akses yang ramai dilalui kendaraan.

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan Ruas Pangkajene Sidrap-Batas Soppeng. Kita terus mendorong pemerataan pembangunan yang berkeadilan di daerah, khususnya bagi yang terdampak langsung kepada banyak orang,” kata Plt Gubernur Sulsel.

Pemprov Sulsel, lanjut dia, memprioritaskan infrastruktur ruas jalan dengan LHR kategori tinggi. Dengan akses jalan yang baik menjadi kunci urat nadi pergerakan sistem distribusi kendaraan barang dan jasa.

“Olehnya itu, pembangunan sudah seharusnya dialamatkan pada analysis urutan prioritas berdasarkan kajian guna memberi efek signifikan kelancaran system transporatsi barang dan jasa dari suatu kabupaten/Kota ke Kabupaten/kota lainnya sebagai upaya dalam proses pemulihan ekonomi di masa pandemi,” tuturnya.

Penanganan ruas jalan ini, kata dia, akan dilanjutkan. “Rencananya tahun 2022 kita akan melanjutkan pengerjaan 7 km dengan alokasi anggaran Rp45,5 Miliar. Atau total keseluruhan dengan penanganan yang baru diresmikan jumlahnya 9,02 km dengan nilai Rp53,09 Miliar,” paparnya. (*)