Prof A Rahman, Pemantik Dialog Virtual Seri 2 Forum Dosen Sulsel Soal Arah Kebijakan Belajar Daring Covid-19
Rektor Unismuh Makassar Prof Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM

MAKASSAR – Rektor Unismuh Makassar Prof Dr H Abdul Rahman Rahim SE MM, akan jadi salah seorang pemantik pada Dialog Virtual Seri 2 Forum Dosen Sulsel, mengusung tema, Proyeksi Covid-19, Arah Kebijakan Belajar Daring, Selasa sore (12/5/2020).

Dialog virtual dengan moderator, Dr Adi Suriyadi Culla, MA menggunakan aplikasi Zoom, FB dan Youtube.

Prof Rahman pada kesempatan itu berbicara dengan topik: Proyeksi Covid-19 dan Arah Kebijakan PTS.

Dijelaskan, di tengah Covid-19 pembelajaran tidak boleh berhenti ini sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin M.Si.

Dijajaran civitas akademika kampus pembelajaran gunakan media daring dan SPADA sebelum masa pandemi Corona kurang terlalu direspon.

Setelah diberlakukan kuliah tatap muka ditiadakan dan diganti digital pada bulan pertama hanya 15 persen dosen yang gunakan media daring tetapi setelah bulan ketiga masa pandemi semua dosen telah gunakan media daring dalam pembelajaran.

Selama masa pandemi Corona kampus memberi subsidi kuota internet kepada semua mahasiswa dengan nilai sekitar Rp5 Miliar.

Pemerintah harus senantiasa hadir dalam masa pandemi Corona, termasuk melengkapi fasilitas daring dengan akses internet yang cukup dan memadai.

Penanganan Covid-19 pemerintah harus satu kata, jangan terkesan ada kebijakan satu menteri dan menteri lainnya tidak sejalan dan masyakat bingung. Di masa pandemi ini jangan buat keresahan dengan kesan tidak satu kata itu.

Covid-19 ini harus jadi skala prioritas, anggaran Copid ini harus juga tepat sasaran. Bantuan yang diserahkan itu jangan hanya terpublikasi di media massa tetapi masyarakat di bawah berteriak kekurangan.

Diskusi Forum Dosen Makassar ini juga menampilkan pemantik lainnya yakni, Staf Ahli /Juru Bicara Presiden RI Dr Fajrul Rahman MH
Topik dibicarakanProyeksi Covid 19: Arah Kebijakan Presiden/ Pemerintah Pusat

Pemantik lainnya, Prof Dr Irawan Yusuf PhD dari IDI Pusat/ Guru Besar FK Unhas. Topiknya, Proyeksi Covid 19 & Analisis: Kapan Berakhir?

Prof Dr Dwia Ariestina Pulubuhu MA Rektor Unhas. Topik: Proyeksi Covid 19 dan Arah Kebijakan PTN.

Pada kesempatan ini turut hadir, Kepala LLDIKTI IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin MSi. Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Djuhanis PhD, Ketua APTISI Wilayah IX-A Prof Dr Ma’ruf Hafidz SH MH.

Nampak juga hadir, Wakil Rektor II Unibos Dr H Mas’ud Muhammadiyah MSi. serta anggota Forum Dosen Makassar lainnya. (yah/cr/shar)