Tenaga Penyuluh & Warga Panciro, Antusias Ikuti Pelatihan Citizen Reporter dari Komunikasi Unismuh Makassar
Puluhan tenaga penyuluh dan warga Desa Panciro, Kecamatan Bajeng, Gowa mengikuti materi pelatihan Citizen Reporter, di Balla Rewako Panciro, Sabtu, 12 September 2020.

GOWA – Puluhan tenaga penyuluh dan warga Desa Panciro, Kecamatan Bajeng, Gowa sangat antusias mengikuti materi pelatihan Citizen Reporter, di Balla Rewako Panciro, Sabtu, 12 September 2020.

Materi citizen reporter ini dibawakan, Syukri SSos MSi, Dr Muhammad Yahya Mustafa bersama tim dosen Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar lainnya yakni, Indah Elza Putri, Ahmad Syarif, Wardah dan Arni.

Syukri dalam materinya menyampaikan pelatihan citizen reporter bagi warga sebagai adaptasi dari pemberlakuan regulasi baru khususnya Terkait dengan sistem informasi desa.

Dikatakan di Indonesia ada puluhan ribu desa, cuma tidak banyak desa yang ketahuan dipermukaan salah satunya karena jarang terpublikasikan. Berharap dengan pelatihan jurnalisme warga Desa Panciro tidak hanya di kenal di Gowa, tapi juga di Sulsel bahkan nasional.

Sementara materi kedua dibawakan Dr Muhammad Yahya Mustafa, menyampaikan syarat berita itu layak dibaca, yakni berita harus merupakan fakta, berita harus merupakan kejadian penting, seimbang, lengkap serta menarik untuk dibaca.

Dijelaskan juga modal wartawan harus punya wawasan, diksi, rasa bahasa dan ekonomi kata.

Kepala Desa Panciro, Anwar Malolo SE, kesempatan itu menegaskan, merasa senang kehadiran Prodi Komunikasi Unismuh Makassar yang siap mendampingi warga desa mempublikasikan kegiatan desa.

Hal sama juga ditegaskan, Sekretaris Desa Panciro, Abd Rahman Dg Rani, pelatihan citizen reporter ini membantu warga memahami dan memiliki keterampilan menulis berita.

Kasi Pemerintahan Desa, Fhadly, S.Sos, juga menambahkan, kerjasama ini membuka jalan dan pengetahuan yang luas menyebarkan aktifitas dan kegiatan warga di Desa Panciro, tandas sarjana ilmu pemerintahan Fisip Unhas ini.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Panciro, Sertu Hasyim Syam, menegaskan pelatihan memberi pengetahuan dan keterampilan dalam menulis berita di media massa.

Para peserta pelatihan ini termasul, anggota BPD, Karang Taruna, BUMDES, Penyuluh KB, PKK, Bidan Desa, Imam Desa, Remaja Masjid dan beberapa elemen lainnya. (ulla/yah/cr/shar)