Beranda » Pangkep » Tradisi Pedang Pora Wisuda Purna Bhakti Personil Polres Pangkep
Tradisi Pedang Pora Wisuda Purna Bhakti Personil Polres Pangkep
Pangkep

Tradisi Pedang Pora Wisuda Purna Bhakti Personil Polres Pangkep

PANGKEP, SULSEL – Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga Bertindak Selaku Inspektur Upacara, dalam rangka tradisi pedang pora wisuda purna bhakti personil Polres Pangkep di halaman Mapolres Pangkep, Senin (14/1/2019).

Taradasi pedang pora atau Gerbang Pora diawali dengan lambang Tribrata dari wisudawan tertua kepada penerus.

Tampak hadir, Waka Polres Pangkep, Kompol Syukri Abham, para jajaran Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran Polres Pangkep dan segenap personil Polres serta Ketua Purnawiraaan Polri Pangkep serta pengurus Bhayangkari Polres Pangkep.

Adapun makna yang terkandung dari penyerahan lambang Tribrata tersebut, merupakan wujud dari regenerasi Polri kepada bhayangkara-bhayangkara muda, agar selalu menanamkan nilai-nilai Tribrata dalam pelaksanaan tugas ke depan yang semakin berat dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi Polri.

Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga, mengatakan, semampu yang bisa dilakukan adalah dengan menghargai para purna bhakti polri dalam mengakhiri penugasan di kepolisian.

Untuk anggota Polri yang masih berkarya saat ini, agar memanfaatkan waktu yang tersisa ini untuk meluangkan waktu untuk berbuat baik untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Pangkep.

“Karena pada akhirnya nanti, kita pun akan sama seperti beliau-beliau yang purna. Kita akan mengakhiri segala sesuatunya, mumpung masih ada waktu untuk berbuat baik,” harap Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga, Senin (14/1/2019).

Hari ini, lanjutnya, Polres Pangkep resmi melepas para anggota Polri yang telah selesai melaksanakan masa dinasnya yang ditandai dengan prosesi Wisuda Purna Bhakti Anggota masa bakti upacara Wisuda Purna Bhakti Periode 1 Januari hingga 31 Desember 2018.

Nampak suasana haru dan tangis mengiringi langka para Purna Bhakti meninggalkan Mako Polres Pangkep

Dari tradisi pedang pora tersebut, PS. Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Pangkep, Bripka.Kurniawan membacakan puisi bertajuk “JasaMu ku Kenang Selalu”.

Dalam puisi tersebut, menggambarkan bagaimana kebanggaan para anggota Polres Pangkep memiliki para komandan dan senior yang telah masuk masa purna bhakti.

Bripka.Kurniawan membacakan puisi bertajuk “JasaMu ku Kenang Selalu”

“Dimana mereka menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap Polri dimasa-masa akhir tugasnya, yang sangat menjadikan motivasi bagi kami-kami yang masih aktif berdinas di kepolisian”

“Walau sudah memasuki masa-masa pensiun, kedisiplinan dan loyalitas mereka terhadap polri tidak surut,” kata Bripka Kurniawan. [SHR]