UMKM Makassar Didorong Manfaatkan IT dan Go Digital
Dinas Koperasi UKM Kota Makassar memfasilitasi puluhan UMKM dalam pelatihan "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam peningkatan kualitas UMKM" Angkatan ke-4. Kegiatan ini digelar di hotel Aswin Makassar, Rabu-Kamis, 16-17 Juni 2021.

MAKASSAR—Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dituntut meningkatkan produktifitas dan efisiensi usahanya dengan memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK ) secara efektif.

Karena itu, Dinas Koperasi UKM Kota Makassar memfasilitasi puluhan UMKM dalam pelatihan “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam peningkatan kualitas UMKM” Angkatan ke-4. Kegiatan ini digelar di hotel Aswin Makassar, Rabu-Kamis, 16-17 Juni 2021.

Kegiatan ini diisi narasumber Koordinator konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel, Bahrul ulum Ilham, Tedi Hendratno M.Si yang merupakan founder Indnesian PR Consulting dan dosen FEB Unhas, Dr. Andi Nur Bau Massepe, SE, M.M

Koordinator konsultan PLUT Sulsel mengapresiasi kegiatan Diskop UMKM Kota Makassar yang memfasilitasi UMKM go digital. Dikatakannya, UMKM untuk naik kelas ditempuh dengan pendekatan 3Go yaitu go modern, go digital dan go global.

“Dibalik bencana pandemi membawa berkah memaksa UMKM go digital. Buktinya, target pemerintah sebelumnya UMKM go digital tahun 2020 mencapai 10 juta melampaui hingga mencapai 12 juta. Bahkan per Mei 2021, UMKM yang go digital sudah mencapai 13,7 juta jiwa,” tambahnya.

Hal senada diungkap narasumber lainnya pentingnya pemanfaatan IT yang dapat memberikan pengaruh positif pada UMKM dapat menikmati berbagai keuntungan.

UMKM Makassar Didorong Manfaatkan IT dan Go Digital
Dinas Koperasi UKM Kota Makassar memfasilitasi puluhan UMKM dalam pelatihan “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam peningkatan kualitas UMKM” Angkatan ke-4. Kegiatan ini digelar di hotel Aswin Makassar, Rabu-Kamis, 16-17 Juni 2021.

Melalui IT UMKM dapat melakukan komunikasi secara cepat, meningkatkan produktifitas, membangun peluang bisnis baru, dan mereka juga dapat terhubung ke jaringan global dengan jangkauan secara internasional. (*)