Beranda » Pangkep » Ambulans Laut Pangkep Mulai Beroperasi
Ambulans Laut Pangkep Mulai Beroperasi
Pangkep

Ambulans Laut Pangkep Mulai Beroperasi

PANGKEP, — Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah pada Februati lalu memberikan bantuan Ambulans Laut kepada Pemkab Pangkep. Bantuan tersebut, kini sudah siap dimanfaatkan.Untuk tahap awal, dilakukan simulasi pemanfaatannya.

Pemkab memulai memanfaatkan Kapal ambulans laut ini dengan melaksanakan simulasi dari puskemas pulau Sabutung ke dermaga Maccini Baji serta selanjutnya dibawa ke RS Batara Siang dengan menggunakan mobil ambulans, Selasa (20/8).

Bupati Pangkep, H.Syamsuddin Hamid SE, dan wakilnya, H.Syahban Sammana SH, menyaksikan langsung simulasi yang dimulai dari pulau Sabutung.


Syamsuddin Hamid mengakui jika ambulans ini dapat menjadi solusi pelayanan kesehatan yang cepat di wilayah terpencil. Apalagi selama ini, untuk kendaraan pelayanan kesehatan masih sangat minim. Hanya saja, katanya, perlu penambahan anggaran untuk bahan bakar minyak (bbm) operasional ambulans laut.

Dr.Ati Uleng, Regional Manager USAID Jalin Sulsel menjelaskan jika ambulans laut merupakan sarana utama di wilayah terpencil. Hal itu perlu dipertahankan dan terus dimanfaatkan oleh warga setempat.

Bupati Syamsuddin untuk periode kedua ini fokuskan pada bidang kesehatan. Ia mengatakan akan mengundang pihak desa agar dapat dimanfaatkan ambulans laut ini dengan menganggarkan di APBD desa.

Sementara itu, Direktur RS Batara Siang, dr.Annas, memimpin simulasi penggunaan ambulans laut itu, menjelaskan ada beberapa tahap yang mungkin perlu penanganan, terutama perpindahan pasien dari dermaga ke ambulans laut. Begitupun sebaliknya. Karena membutuhkan tenaga yang banyak. Serta kondisi perairan laut yang juga harus mendapat perhatian. [SHR]