Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Muhammad Arafah
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel Muhammad Arafah.

MAKASSAR—Pengoperasian program teman bus layanan BRT dengan pola Buy The Service (BTS) oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub) di Makassar akan dilakukan dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Arafah mengatakan, rencananya akhir bulan oktober akan beroperasi BTS di Makassar untuk 4 koridor.

“Tahap awal dilakukan satu dulu kemudian secara bertahap koridor lainnya,” ungkapnya kepada mediasulsel.com, Jumat (24/9/2021).

Arafah menyebutkan, secara teknis akan dibicarakan lebih lanjut tanggal launching BTS ini.

“Secara teknis kita akan diskusikan hari ini untuk memastikan tanggal pastinya dan lokasinya. Kita berharap semua berjalan baik dan lancar,” sebutnya.

Muhammad Arafah mengaku, secara umum untuk wilayah mamminasata diberikan 12 koridor dan baru 4 koridor yang akan di uji coba.

“Ada 12 koridor utama untuk mamminasata, sekarang kita uji coba 4 koridor dulu sampai tahun depan dan diusahakan akan diperbaiki dan terus menerus ditambah sampai nanti tahun 2022 dengan mengoptimalkan 12 koridor ini,” tuturnya.

Arafah menambahkan jalur dalam 4 koridor ini berbeda-beda termasuk ada yang masuk ke kampus-kampus.

“Ada 4 koridor, seperti ada tujuan bandara internasional sultan hasanuddin makassar ke terminal daya, ada tujuan ke mall Panakkukang, ada bandara ke CPI, ada ke kampus Poltek ke PIP Salodong, ada terminal Mallengkeri ke kampus lainnya serta lainnya,” pungkasnya. (*)