MEDIASULSEL.COM—Tumbuhan Serai atau Sereh tumbuhan sejenis rumput-rumputan yang banyak tumbuh subur di wilayah Indonesia, umumnya dikenal masyarakat sebagai pengharum masakan. Namun ternyata Sereh yang memiliki nama ilmiah Cymbopogon citarus ini, memiliki manfaat bagi kesehatan.

Menurut Praktisi obat Herbal asal Pare Kediri Jawa Timur, Ibnu Tanjung, tumbuhan Sereh merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia terutama berfungsi untuk antimikroba, anti peradangan, detoksifikasi tubuh, mengurangi resiko kanker, menyehatkan pencernaan dan membantu mengurangi kecemasan.

Selain itu menurut Ibnu Tanjung, Daun dan batang Sereh juga dapat difungsikan sebagai obat herbal penurun berat badan.

“Sereh juga memiliki khasiat melunturkan lemak lemak jahat dalam tubuh, jadi air rebusan sereh dapat dijadikan pilihan yang tepat dan murah untuk menurunkan berat badan, karena dengan minum air sereh dapat membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih aktif dan membantu membakar kalori,” ungkap Ibnu.

Adapun cara memanfaatkan daun sereh tersebut dijelaskan cukup dengan daun dan batang sereh bagian bawah cukup dibersihkan, lalu dipotong-potong sesuai selera, lalu direbus bersama air hingga mendidih, kemudian diminum dengan tambahan madu sesuai selera.

Selain itu lanjutnya, selain menurunkan berat badan, mengkonsumsi minuman rebusan batang daun sereh ini juga dapat menyehatkan kulit, karena sereh mampu memurnikan dan melancarkan sirkulasi darah. Hal itu bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau enzim, serta membuat kulit bercahaya secara alami.

Cara Meramu Daun Sereh sebagai Penurun Berat Badan
Tumbuhan Serai atau Sereh tumbuhan sejenis rumput-rumputan yang banyak tumbuh subur di wilayah Indonesia, umumnya dikenal masyarakat sebagai pengharum masakan. Namun ternyata Sereh yang memiliki nama ilmiah Cymbopogon citarus ini, memiliki manfaat bagi kesehatan.

Meski demikian perlu juga diingat mengkonsumsi daun sereh yang berlebihan dapat memunculkan efek samping seperti pusing, mengantuk, mulut kering, gampang buang air kecil dan bahkan bisa membuat tubuh kelelahan.

“Efek yang ditimbulkan sebenarnya tidak terlalu bahaya, karena mengantuk itu menjadi bermanfaat bagi mereka yang susah tidur dan gampang buang air kecil itu merupakan bagian dari pembersihan tubuh atau detokfikasi, namun jika memang merasa sangat terganggu dengan efek tersebut, sebaiknya jangan dilanjutkan,” pungkasnya. (464Ys)