BOMBANA – 2 September 2020- Meskipun pandemi belum berakhir, namun tak menyurutkan semangat PLN dalam melistriki Desa Lengora Pantai yang belum tersentuh listrik setelah 75 tahun Indonesia merdeka.

Desa Lengora Pantai merupakan desa yang terletak di Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana kini telah menerima aliran listrik PLN selama 24 jam.

PLN berhasil membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 12,969 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3,532 kilometer sirkuit (kms), serta 2 Gardu Distribusi dengan total kapasitas 100 kiloVolt Ampere (kVA).

Desa Lengora Pantai memiliki akses lokasi yang cukup sulit serta tanah yang terdiri dari banyak bebatuan berada di pusat Kabupaten Bombana sehingga membuat petugas PLN cukup kesulitan dalam proses pembangunan. Ditambah lagi akses jalan yang terjal dan penuh dengan bebatuan menjadi gambaran sulitnya perjuangan yang dilakukan PLN dalam melistriki kurang lebih 79 Kepala Keluarga di dusun tersebut.

Turut hadir dalam penyalaan listrik, Manager PLN ULP Mawasangka Dahniar, Kepala Desa Lengora Pantai Arfan, Kapolsek Kabaena Timur IPDA Muhammad Safri, SH.M.H.

Dahniar berharap dengan adanya listrik di Desa Lengora Pantai bisa memanfaatkan listrik dengan sebaik-baiknya.

“Harapan kami agar masyarakat dapat memanfaatkan listrik dengan sebaik-baiknya dan menghindari penyalahgunaan listrik,” Ungkapnya

Arfan, Kepala Desa Lengora Pantai menyampaikan rasa syukurnya dan berharap listrik bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di desanya.

“Listrik menjadi kebutuhan mendasar masyarakat, dan kewajiban kita semua untuk menjaganya. Mudah-mudahan hadirnya listrik bisa memperbaiki ekonomi keluarga di Lengora Pantai,” ujarnya.

Selain Desa Lengora Pantai, PLN juga berhasil melistriki Dusun Bira – Bira, Desa Bonto Sunggu, Kecamatan Bissapu, yang berada dipusat Kabupaten Bantaeng dengan membangun JTM sepanjang 1 kms, JTR sepanjang 1.5 kms, serta 1 Gardu Distribusi dengan total kapasitas 100 kVA dan berhasil melistriki kurang lebih 100 Kepala Keluarga di dusun tersebut. [*]