Dinas PMD Sulsel Berencana Gandeng Politeknik ATIM Optimalkan Pemberdayaan Masyarakat Desa
Kabid Pembangunan SDA dan UED, Mukhlis didampingi Kasi Pendayagunaan SDA dan TTG, Elvira Delima Suciana, dan Kasi Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Perdesaan Syamsul Alam saat berkunjung ke kampus Politeknik ATIM, Rabu (6/1/2021).

MAKASSAR—Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan menjajaki peluang kerjasama dengan Politeknik Akademi Teknologi Industri Makassar (ATIM) terkait pemberdayaan masyarakat di desa.

Hal tersebut dikemukakan Kabid Pembangunan SDA dan UED, Mukhlis yang didampingi Kasi Pendayagunaan SDA dan TTG, Elvira Delima Suciana, dan Kasi Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Perdesaan Syamsul Alam saat berkunjung ke kampus Politeknik ATIM, Rabu (6/1/2021).

Pada kesempatan tersebut, Mukhlis mengemukakan dalam program pemberdayaan masyarakat atau BUMDes yang telah mereka lakukan masih menemui sejumlah kendala, terutama soal pelatihan SDM dan pemanfaatan teknologi tepat guna.

“Semoga dengan adanya kerjasama yang nantinya dibangun bersama Politeknik ATI Makassar, masyarakat di desa bisa mendapat pelatihan SDM dalam penggunaan teknologi tepat guna,” katanya.

Direktur Politeknik ATIM, Muhammad Basri mengatakan, untuk mengatasi kendala yang dihadapi Dinas PMD Sulsel, pihaknya memiliki teaching factory dan inkubator bisnis yang dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat di desa.

“Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Politeknik ATI Makassar juga wajib melakukan pengabdian masyarakat. Kami harap Politeknik ATI Makassar bisa memberikan pendampingan,” katanya.

Ketua Inkubator Bisnis Teknologi Industri, Idi Amin menambahkan, Politeknik ATIM juga sudah bekerja sama dengan sejumlah daerah, seperti di Kabupaten Pangkep.

“Di Pangkep, kami membantu membuatkan alat produksi garam beryodium dengan menggunakan dana CSR perusahaan swasta yang hingga saat ini masih dipakai,” tambahnya.

Tak hanya itu, Politeknik ATIM juga memiliki program pembinaan terhadap desa-desa yang ada di Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan tersebut, rombongan Dinas PMD Sulsel juga melihat sejumlah sarana Prasarana laboratorium di Politeknik ATI Makassar seperti laboratorium Teknologi Proses Agro, laboratorium Desain/CNC, dan Workshop Pengelasan.

Di akhir kunjungannya, kedua pihak menyepakati akan menindaklanjuti rencana kerjasama dengan penyusunan memorandum of understanding (MoU) antara Dinas PMD Sulsel dengan Politeknik ATI Makassar. (*)