MAKASSAR–Ikatan Alumni (IKA) Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi sulsel menggelar Forester Festival sebagai ajang reuni tahunan dengan acara puncak yang dilaksanakan di Hutan pendidikan Unhas Bengo-bengo kabupaten maros.

Sekertaris jendral IKA Syamsul rijal mengatakan kegiatan ini akan dibuka langsung oleh ketua umum IKA alumni kehutanan Unhas yang tidak lain adalah gubernur sulsel Nurdin Abdullah.

“Kegiatan nantinya akan dilaksanakan di bengo-bengo dan akan dibuka langsung oleh pak gubernur selaku ketua umum ika alumni kehutanan Unhas” kata dia.

Rijal mengatakan, Kegiatan Forester Festival tahun ini dirancang berbeda dan lebih variatif dari tahun sebelumnya. Beberapa kegiatan yang dimaksud antara lain: Seminar Nasional Perhutanan Sosial, Pengembangan KPH, Pameran Ekowisata Sulawesi Selatan sebagai salah satu program adalan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, lomba fotografi dan essay tentang kehutanan dan lingkungan, kampanye lingkungan, dan lain-lain akan memanjakan para peserta.

Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam mendorong pariwisata Sulawesi Selatan khususnya pariwisata alam dan potensi hasil hutan Sulawesi Selatan.

“Kegiatan ini juga merupakan ajang mendorong kesadaran lingkungan dan menjadi momentum kampanye peduli hutan dan lingkungan Sulawesi Selatan.” Kata dia

Selain sebagai ajang reuni, Rijal mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan merupakan wujud partisipasi nyata alumni Kehutanan dalam memberikan sumbangsi berupa pemikiran terhadap pengelolan hutan, lingkungan dan kepariwisataan.

“Ajang ini diharapkan jadi ajang tahunan untuk mensosialisasikan pentingnya kehutanan, meningkatkan kepedulian lingkungan dan memamerkan potensi ekowisata Sulawesi Selatan.” Jelasnya

Rijal juga menargetkan peserta yang akan hadir diperkirakan 1500 orang yang terdiri dari alumni, personil Dinas, KPH, dan UPT, Peserta Seminar Nasional Perhutanan Sosial dan Pengembangan KPH sebanyak 300 orang termasuk masyarakat sekitar Hutan Pendidikan Unhas

Selain itu, kegiatan ini akan dimeriahkan oleh Artis Nasional dan Lokal yaitu Lobow, BHIS Band, Tumming-Abu, Rafli, Dewi dan Friends, M. Alifi, Fandy WD dan Zakaribo.

“Banyak artis lokas yang kita libatkan untuk memeriahkan kegiatan ini” kata dia

Adapun Rangkaian kegiatan dimulai dengan acara Meet and Greet Alumni di Taman Lakipadada Rujab Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (8 November 2019). Selanjutnya puncak acara yaitu Bengo Sound and Color yang diselenggarakan di Hutan Pendidikan UNHAS Bengo-bengo Kab. Maros (9-10 November 2019). [*]