MAKASSAR—Kehadiran mahasiswa KKP Fisip Unismuh Makassar Angkatan XXI tahun 2020 bertepatan dengan masa pandemi Covid-19.

Dimasa wabah Corona ini, proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan formal dilaksanakan dalam jaringan (daring).

Dampak di timbulkan dari belajar daring adalah meningkatnya kemalasan membaca dan belajar siswa sekolah.

Sehingga tidak sedikit siswa yang tidak mampu membaca dan menulis sementara murid tersebt telah duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar.

Melihat kondisi itu, mahasiswa KKL Fisip Unismuh Makassar yang berlokasi di Kelurahan Canrego, Kecamatan Polongbangkeng Selatan (Polsel), Takalar turut prihatin dan berinisiatif menghadirkan kelas literasi sebagai wadah atau ruang belajar dan membaca.

Proses belajar mengajar bukan hanya di masjid tetapi juga di ruang-ruang terbuka agar siswa tidak merasa jenuh di ruang tertutup.

Para mahasiswa yang berasal dari prodi ilmu administrasi negara, ilmu pemerintahan dan ilmu komunikasi menjadi guru bagi murid secara tatap muka dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kelas literasi ini memasuki bulan kedua, hasilnya terasa siswa yang datang belajar perlahan memiliki keterampilan membaca dan menulis cukup menggembirakan.

Saking senang dan gembiranya puluhan siswa di lingkungan itu, mereka sering datang ke posko KKP memanggil untuk segera datang ke lokasi kelas literasi biasanya di masjid dan ruang terbuka lainnya.

Selain mengajar membaca dan menulis, para mahasiswa KKP ini juga banyak mengajar membaca Al-Quran dan ilmu ilmu sosial lainnya.

Eka Febriani Kordinator Kelurahan Canrego mengatakan, cukup prihatin dengan adik adik yang belum terampil membaca dan menulis sementara sudah duduk di bangku sekolah dasar.

Tetapi setelah satu bulan lebih ikut kelas literasi siswa siswi itu perlahan mulai mengerti lancar membaca dan menulis termasuk membaca kitab suci Al’Quran.

Firman Korcam KKP Fisip Unismuh Makassar, mengatakan lewat kelas literasi berharap mampu membawa dampak yang positif dan bisa memberikan wadah atau ruang untuk membaca dan belajar.

Adik adik siswa dari lokasi KKP 2020 ini, ada yang merasa putus asa bahkan berniat berhenti sekolah kini kembali di berikan suntikan motivasi melalui kelas literasi atau ruang belajar ini, tandasnya.

Mahasiswa KKP di Canrego, Firman Koordinator Kecamatan (Ilmu Pemerintahan), Eka Febriani Kordinator Kelurahan (Ilmu Administrasi Negara), Hilaliah (Ilmu Pemerintahan).

Miftahul Haerat (Ilmu Administrasi Negara) , Niar (Ilmu Komunikasi), Ulil Amri (Ilmu Administrasi Negara), Muh. Fadhlurrahman Hamka (Ilmu Admnistrasi Negara).

Mahasiswa KKP Plus Angkatan XXI Fisip Unismuh Makassar 2020 secara resmi telah diterima Camat Polsel Takalar, Baharuddin Dg Limpo, S.Sos, M.Si di Kantor Camat, Jumat (23/10/2020).

Mahasiswa KKP Fisip Unismuh Makassar angkatan XXI di Kecamatan Polsel Takalar, didampingi Dosen Supervisi, Dr.Muhammad Yahya Mustafa, M.Si. Korcam KKP, Firman. (*)