Kadis PMD sebut 34 Kawasan Pedesaan di Sulsel terus Dimaksimalkan
Sukarnianty Kondolele, Plt Kepala Dinas PMD Sulsel dan Kadis Dukcapil Sulsel.

MAKASSAR—Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel terus mendorong agar jumlah desa mandiri di sulsel terus meningkat.

Plt Kepala Dinas PMD Sulsel Sukarnianty Kondolele, berbagai terobosan dan langkah terus dilakukan dalam mendorong peningkatan jumlah desa mandiri diantaranya dengan memaksimalkan segala potensi yang di miliki.

“Upaya dan langkah-langkah aktif agar peningkatan perkembangan status desa menjadi desa berstatus mandiri di Sulawesi Selatan terus dilakukan diantarnya dengan memaksimalkan semua potensi yang dimiliki desa tersebut,” ungkapnya belum lama ini.

Ia menyebutkan, Pemerintah Desa dituntut untuk dapat membangun dan mensejahterakan masyarakatnya melalui SDGs Desa.

“Pemerintah Desa diharapkan agar melakukan perencanaan pembangunan desa secara partisipatif, sesuai kebutuhan desa dan bermanfaat bagi desa,” sebutnya.

Kadis Dukcapil Sulsel ini juga mengemukakan, kebutuhan desa dilakukan melalui musyawarah ditingkat desa dengan melibatkan unsur masyarakat.

“Semua unsur terkait harus dilibatkan termasuk dalam pelaksanaan dan pengawasannya tetap dari masyarakat,” kata dia.

Ditambahkan, dari 2.255 desa yang ada
di Sulawesi Selatan, baru terdapat 25 Desa yang berstatus Desa Mandiri.

“Hadirnya Desa yang semakin maju dan berkembang secara langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” tutupnya. (*)