DP3A Dalduk KB Sulsel & LPKA kelas ll Maros Jalin Kerjasama
DP3A Dalduk KB Provinsi Sulawesi Selatan melakukan perjanjian kerjasama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas ll Maros.

MAKASSAR—Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan perjanjian kerjasama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas ll Maros.

Perjanjian kerjasama ini dilakukan langsung Kadis DP3A Dalduk KB Sulsel, Dr. Hj. Fitriah Zainuddin, M.Kes dengan kepala LPKA kelas ll Maros Tubagus M Chaidir di kantor DP3A Dalduk KB Sulsel.

Fitriah Zainuddin mengatakan, selama ini hak-hak anak yang berhadapan dengan hukum terabaikan baik persoalan administrasi kependudukan, pendidikan maupun lainnya.

“Anak-anak yang berkebutuhan khusus antara lain anak yang berhadapan hukum biasanya pemenuhan hak-haknya terabaikan,” ungkap Fitriah Zainuddin, kemarin.

“Makanya kita inisiasi melalui DP3A Dalduk KB Sulsel betul-betul di sinergitaskan dengan memberikan hak mereka melalui kerjasama ini didalamnya sudah ada dinas catatan sipil, dinas pendidikan, ada pembinaan kerohanian, ada pendampingan psikologinya, maupun lainnya,” bebernya.

Nantinya kerjasama ini untuk meningkatkan sinergitas layanan antar jemput anak yang telah selesai masa hukumannya.

“Layanan antar jemput anak yang telah selesai masa hukumannya sangat bagus karena selama ini orang tuanya terkadang sudah malas menjemput anak, bahkan terkesan di buang padahal masa depannya masih panjang,” tuturnya.

Melalui kerjasama ini, lanjut Fitriah, DP3A kabupaten dan kota mempunyai tanggung jawab untuk menjemput maupun membawanya ke masyarakat.

“Anak-anak yang sudah bebas atau selesai masa tahannya sudah tidak terlantar, karena sekarang DP3A bersama orang tuanya mempunyai tanggung jawab menjemput dan membawa anak tersebut kerumahnya. Termasuk membawanya kembali bersosialisasi bersama masyarakat,” pungkasnya. (*)

DP3A Dalduk KB Sulsel & LPKA kelas ll Maros Jalin Kerjasama
DP3A Dalduk KB Provinsi Sulawesi Selatan melakukan perjanjian kerjasama dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas ll Maros.